LAKA: Kondisi lokasi kejadian pasca kecelakaan yang diakibatkan bus pariwisata rombongan pelajar. (foto: Hafis Rozani) 

Bus Pariwisata Alami Rem Blong di Jalur Bromo, Tabrak 6 Kendaraan 

Probolinggo,- Bus pariwisata yang mengangkut rombongan pelajar diduga mengalami rem blong di jalur Tongas – Bromo, tepatnya di jalan raya Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Selasa siang (7/03/23). Akibatnya, kendaraan besar nan panjang ini menabrak 6 kendaraan sekaligus.

Informasi yang dihimpun, petaka bermula saat bus pariwisata yang mengangkut siswa Madrasah Aliyah (MA) asalnJakarta Selatan dengan nomor polisi (nopol) D 7849 AQ, melaju dari arah Bromo atau arah selatan menuju ke utara.

Sesampainya di dekat Pasar Lumbang, bus yang dikemudikan Mansur Wahyudi (65), warga Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, hilang kendali. Lantaran berada di jalan menurun, bus menabrak sekitar 6 kendaraan yang parkir di pinggir jalan sisi barat.

“Saat itu, saya sedang berdiri di tepi jalan sisi timur, tiba-tiba, bus dari arah Bromo meluncur kencang, sepertinya mengalami rem blong. Bus kemudian menabrak sejumlah kendaraan yang terparkir di sisi sebelah barat,” ujar saksi kejadian, Arif Muarif.

Setelah menabrak sejumlah kendaraan di area Pasar Lumbang, bus terus melaju ke arah Utara dan baru berhenti setelah masuk ke halaman rumah warga. Pasca kejadian, warga berdatangan untuk memberikan pertolongan pada korban.

Salah satu penumpang bus, Memet mengatakan bahwa di dalam bus terdapat sekitar 50 pelajar. Para pelajar dan para tenaga pendidik pendamping, sebelumnya dari Bromo dan hendak melakukan perjalanan menuju ke Malang.

“Rencananya dari Bromo, rombongan dua bus ini mau ke Malang. Namun terjadi insiden yang diduga karena rem blong saat perjalanan ke Malang,” ujarnya.

Kecelakaan beruntun ini tengah ditangani oleh Unit Laka Satlantas Polres Probolinggo. Kejadian ini dikabarkan melukai sedikitnya 6 orang. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Diduga Sarat Kecurangan Dalam PPDB, Wali Murid lurug SMPN 1 Dringu

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …