Foto: Istimewa

Seorang Kades Meninggal, Pemkab Pastikan Jumlah Pj Kades Bertambah

FotoProbolinggo – Saat ini, di Kabupaten Probolinggo masih terdapat enam desa yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades). Namun jumlah tersebut dipastikan akan bertambah setelah meninggalnya Imam, Kades Bulupandak, Kecamatan Gading, Rabu (1/3/2023) malam.

Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Muda pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Muhammad Idris mengatakan, terkait meninggalnya Kades Bulupandak itu, pihaknya mengaku turut berbela sungkawa.

“Tentu pertama kami turut berbela sungkawa. Selanjutnya, posisi Kepala Desa akan dijabat oleh Pj (Penjabat, Red.),” katanya, Kamis (2/3/2023).

Untuk penunjukan Pj Kades ini, pihaknya sedang menunggu laporan kematian dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Laopran tersebut ditujukan kepada Bupati melalui kecamatan setempat.

“Sejauh ini laporannya belum sampai ke kami. Namun, informasi meninggalnya Pak Imam selaku Kades Bulupandak sudah kami dapati,” paparnya.

Nantinya, setelah laporan dari desa dibuat, akan ada tahapan selanjutnya, yakni terkait penentuan Pj. Dalam hal ini Camat Gading bisa memberikan opsi setidaknya tiga orang kepada wakil bupati untuk dipilih.

“Camat bisa mengusulkan, tapi nanti siapa yang ditunjuk, itu haknya Wabup,” katanya.

Idris juga menjelaskan, belum dapat memastikan Pj Kades Bulupandak ini nantinya akan memimpin desa sampai kapan. Pasalnya, saat ini pihaknya sedang menggagas gelaran Pilkades Pemilihan Antar Waktu (PAW).

“Yang jelas Pilkades PAW ini akan dilaksanakan tahun ini pada empat desa yang sebelumnya tidak ikut serta dalam Pilkades serentak 2022 lalu. Kalau nantinya Pilkades PAW ini sukses, tidak menutup kemungkinan desa yang dipimpin Pj Kades karena kadesnya meninggal ini juga akan digelar Pilkades PAW,” ucapnya.

Sebagai informasi, selain Desa Bulupandak, saat ini terdapat enam desa di Probolinggo yang masih dipimpin Pj Kades. Keenam desa itu ialah Desa Randuputih, Kecamatan Dringu; Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran; Desa Kerpangan, Kecamatan Leces; Desa Alassapi, Kecamatan Banyuanyar; Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton; serta Desa Penambangan, Kecamatan Pajarakan.

Baca Juga  Diduga Mabuk, Remaja Tanpa Identitas Terlibat Laka

(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …