GOTONG ROYONG: Warga Desa Andungbiru, Kec. Tiris bergotong royong membersihkan material tanah longsor. (foto: Ainul Jannah)

Longsor Putus Akses Desa Wisata Tiris

Tiris,-Jujan lebat yang mengguyur wilayah lereng pegunungan Argopuro mengakibatkan akses jalan Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, lumpuh akibat tertutup tanah longsor.

Warga Desa Andungbiru, Jauhari mengatakan, jalan penghubung antar Desa Andungbiru dan Desa Andungsari tertutup tanah longsor sejak Rabu (1/3/23) dini hari. Longsor terjadi setelah tebing setinggi sentimeter tak mampu menahan gempuran hujan.

Akibatnya, warga sekitar tidak bisa melintasi jakan tersebut lantaran tertimbun material longsor. Warga akhirnya bergotong royong membersihkan material longsor agar akses jalan bisa dilalui kembali.

“Kebetulan saat itu saya sedang mau melintas membawa orang sakit mau berobat ke Kraksaan. Untungnya sudah bisa dilalui,” Jauhari, Kamis (2/3/23).

Kepala Desa Andungbiru, Abdul Ghani mengatakan, kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Hanya saja jalan alternatif warga setempat sempat lumpuh.

Saat ini kondisi jalan telah dapat dilalui kembali setelah warga bergotong royong membersihkan material longsor di kawasan wisata itu. Warga berharap, longsor susulan tidak terjadi.

“Kami mengajak warga untuk bergotong royong membersihkan material longsor. Alhamdulillah saat ini sudah bisa dilewati lagi,” syukurnya.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Jamaah Haji Asal Kab. Probolinggo Tiba, Seluruhnya Negatif Covid-19

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …