BEREBUT: Sejumlah warga sedang mengantri untuk mendapatkan beras murah dari Pemprov Jatim. (foto: Ali Ya'lu)

Tekan Lonjakan Harga, Pemprov Jatim Gerojok Kab. Probolinggo 100 Ton Beras

Kraksaan,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar Operasi Pasar di Kabupaten Probolinggo, Rabu (22/2/2023) pagi. Hal itu dilakukan lantaran harga beras di pasaran Kabupaten Probolinggo, masih tinggi.

Setidaknya, Pemprov Jatim mendistribusikan 100 ton beras. Distribusi beras dilakukan sejak 17 Februari lalu. Pada hari ini, distribusi beras murah dilakukan di 10 titik yang berbeda, salah satunya di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan.

“Kami bersama kejaksaan, pemerintah, Bulog dan sejumlah pihak melakukan operasi beras untuk menekan tingginya harga di pasaran,” kata Kapolres AKBP Teuku Arsya Khadafi, Rabu (22/2/2023).

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya sengaja mengawal agar pendistribusian beras benar-benar sampai pada masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, kebutuhan beras masyarakat bisa terpenuhi dengan harga terjangkau.

“Harga beras yang didistribusikan ini tentunya jauh dibawah dari harga beras di pasaran. Sehingga masyarakat tidak bingung. Perkilogramnya Rp 9.400,” papar Kapolres.

Sementara itu, Pengelola Sistem Resi Gudang (SRG) Kraksaan, Prabowo mengatakan, distribusi beras dari Pemprov Jatim ini merupakan upaya bersama untuk menekan tingginya harga beras di pasaran.

Beras yang didistribusikan, seharga Rp 94.000 per karungnya atau per 10 kilogramnya. Ia menyebut, harga yang dipatok sudah berada di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

“HET nya Rp. 9.450 per kilogramnya dan ini dijual dibawah HET, karena tujuannya memang untuk menekan lonjakan harga di pasaran,” ujarnya.

Ia melanjutkan, distribusi beras tersebut sejatinya telah dimulai sejak 17 Februari lalu. Setiap hari Pemprov Jatim mengirimkan beras 100 ton yang disebar di sepuluh titik. Masing-masing lokasi dijatah 10 ton.

“Distribusi ini akan terus berlanjut hingga beras ini tidak lagi terbeli. Artinya kalau sudah tak terbeli, harga beras di pasaran sudah normal lagi,” ia memungkasi. (*)

Baca Juga  Corona Menerpa, Tukang Becak pun Merana

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …