Menteri Basuki Hadimuljono menekan bel tanda dimulainya pengerjaan tol Probowangi, Senin (6/2/2023).

Pengerjaan Tol Probowangi Tahap I Dimulai

Probolinggo – Pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) dimulai. Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Senin (6/2/2023).

Tahap pertama, pembangunan tol tersebut akan dilakukan dengan panjang 49,68 kilometer dari Gending (Probolinggo) – Besuki (Situbondo). Dana yang dianggarkan mencapai Rp10 triliun lebih.

Menteri Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol Probowangi ini merupakan pengerjaan tol bagian akhir untuk tol Trans Jawa, panjangnya mencapai 175,4 kilometer.

“Panjangnya ruas Gending-Besuki ini 49,68 kilometer, dengan anggaran Rp10,7 triliun. Tetapi nanti kami usahakan lebih 10 kilometer lagi, sudah ada desain dan anggarannya,” terangnya.

Menteri yang karib disapa Pak Bas itu menuturkan, anggaran tersebut merupakan dana investasi bukan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Targetnya, sebelum 2025 nanti, jalan tol ini sudah tuntas dikerjakan.

“Ruas jalan tol Gending-Besuki targetnya paling lambat Oktober 2024 akan rampung, tapi saya minta dipercepat dan panjangnya diperpanjang,” katanya.

Menteri yang dikenal cukup humoris tersebut menegaskan, para pihak yang mendapatkan kepercayaan untuk menggarap jalan tol ini diharapkannya bekerja secara maksimal. Jika tidak, pihaknya tidak akan segan melakukan pemutusan kontrak.

“Jangan main-main dengan mutu. Sebagai penanggung jawab, saya berhak memutus kontrak jika main-main dengan mutu,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) Adi Prasetyanto menjelaskan, jalan tol yang memiliki panjang 175,4 kilometer itu menghubungkan tiga kabupaten, meliputi Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi. Pembangunannya memiliki 7 paket.

Paket 1 Probolinggo (Gending)-Kraksaan sepanjang 12,88 km. Paket 2 Kraksaan-Paiton 11,2 km, paket 3 Paiton-Besuki 25,6 km, paket 4 Besuki-Situbondo 42,3 km.

Kemudian paket 5 Situbondo-Asembagus 16,76 km, paket 6 Asembagus-Bajulmati 37,45 km, paket 7 Bajulmati-Ketapang 29,21 km.

Baca Juga  326 Nelayan Mayangan Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

“Ini akan terbagi menjadi dua tahap, tahap pertama Gending (Probolinggo)-Besuki (Situbondo) dengan panjang 49,68 km. Tahap kedua Besuki-Banyuwangi 125,72 km,” jelasnya.(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Perda Tempat Hiburan di Pasuruan Tuai Polemik, Ning Lia: Moral Anak Bangsa Harus Diutamakan

Pasuruan,- Viral dan menghangat, pembahasan rancangan peraturan daerah (Perda) tentang pengaturan tempat hiburan di Kabupaten …