Tim Damkar Probolinggo saat evakuasi sarang tawon vespa di Desa Sumberanyar, Paiton. (foto: Ainul Jannah).

Sarang Tawon Vespa Raksasa Resahkan Warga Paiton, Damkar Turun Tangan

Pauiton,- Tim Pemadam Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Probolinggo berhasil mengevakuasi sarang tawon vespa berdiameter 22,5 sentimeter dan tinggi mencapai 21 sentimeter.

Anggota Damkar Adi Susanto mengatakan, sarang tawon vespa tersebut berada di dekat pemukiman warga di Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo

Keberadaan sarang tawon seukuran ember berukuran 5 liter itu, membuat warga setempat resah. Terutama bagi Kholi (38), warga yang rumahnya dekat dengan sarang tawon vespa tersebut.

“Karena ukurannya yang cukup besar, warga tidak berani mengevakuasi sendiri karena sangat berbahaya dan akhirnya melapor kapada kami,” kata Adi, Minggu (5/2/23).

Menurut Adi, evakuasi sarang tawon tersebut sangat riskan jika tidak dilengkapi dengan perangkat keamanan yang memakai. Sebab warga beresiko diserang ribuan ekor tawon di dalamnya.

“Kalau dekat dengan sarang, pastinya nanti akan diserang, dan sengatannya memang sangat berbahaya. Sudah banyak kasus terkait sengatan tawon vespa ini sampai korban meninggal,” urainya.

“Alhamdulillah saat kami evakuasi berjalan kancar. Kami mengimbau kepada warga jika di pemukiman ada sarang tawon vespa segera melapor,” wantinya. (*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Harga Tembakau Tembus Rp43 Ribu/Kg, Petani; Masih Bisa Lebih Mahal

Baca Juga

Dua Hari, Gunung Semeru Alami Erupsi Sebanyak 65 Kali

Lumajang,- Selama 2 hari terakhir, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, mengalami 65 kali erupsi. Terbaru, …