Kantor Kejari Kabupaten Probolinggo di Jl. Panglima Sudirman, Kota Kraksaan. (foto: Ainul Jannah).

Siap-siap! Pekan Depan Ada Lelang Barang Hasil Sitaan Negara di Probolinggo

Kraksaan,- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo bakal melelang 25 barang bukti hasil tindak kejahatan yang sudah mendapat keputusan tetap (inkrah) dari pengadilan.

Lelang tersebut akan dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember, yang akan dilakukan Senin (6/3/23), pekan depan.

Puluhan barang bukti yang dilelang itu meliputi 5 motor berbagai merk. Seperti motor merk Beijing warna hitam tanpa BPKB dan STNK, Honda Beat warna merah putih tanpa tanpa BPKB dan STNK.

Lalu Suzuki Smash modifikasi tanpa BPKB dan STNK, Yamaha Mio putih tanpa BPKB dan STNK, serta Yamaha Mio warna merah maron yang dilengkap BPKB dan STNK.

Kemudian sepeda angin merk United Pattaya warna kuning, jeriken berisi 60 liter BBM jenis pertalite. Selanjutnya 18 handphone berbagai merk, mulai iPhone, Samsung, Evercroos, Oppo, Realme hingga Vivo.

Kepala Kejari Kabupaten Probolinggo, David Palapa Duarsa mengatakan, proses lelang dilakukan secara online melalui laman www.lelang.go.id, dengan penawaran secara tertutup (closed bidding). Calon peserta lelang harus mendaftar terlebih dahulu melalui web tersebut.

Kemudian, calon peserta lelang harus mengaktifkan akun pada domain yang sudah tersedia di web yang dimaksud, kemudian mengunggah soft copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Terakhur, memasukan nomor rekening atas nama sendiri.

“Setelah itu, baru bisa mengikuti proses lelang. Pengajuan penawaran lelang juga dilakukan secara online melalui website yang telah ditentukan,” urai David kepada wartawan, Senin (30/23).

David mengingatkan, sebelum melakukan penawaran, peserta lelang harus terlebih dahulu menyetor uang jaminan yang telah dicantumkan. Uang jaminan itu disetor via Virtual Acount (VA) yang dicantumkan dalam menu status lelang di alamat domain masing-masing.

Baca Juga  Kembangkan OTT Hasan-Tantri, KPK Kembali Periksa Sekda dan Kepala OPD

“Menu tersebut akan muncul ketika data pendaftar calon lelang telah dinyatakan valid,” ia menambahkan.

David mempersilahkan bagi siapa saja yang ingin mengikuti lelang hasil sitaan negara tersebut. “Barangkali beruntung bisa memenangkan proses lelang,” imbuh dia. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …