Kondisi Gunung Semeru di Lumajang, Tiap 6 Jam Alami Erupsi

Lumajang,- Aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Lumajang hingga saat ini, Senin (16/01/2023) pagi, terpantau fluktuatif. Pengamatan visual 6 jam terakhir, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terpantau alami 16 kali letusan dengan tinggi kolom asap mencapai 300-500 meter.

Guguran lava juga terpantau dengan jarak luncur 500-700 meter yang mengarah ke sisi tenggara atau mengarah ke Besuk Kobokan. Selain itu suara guruh letusan Gunung Semeru juga terdengar hingga permukiman warga.

Data laporan periodik Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, dalam 6 jam terakhir mulai pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, aktivitas kegempaan tercatat gempa letusan sebanyak 16 kali dengan amplitudo maksimal 10-22 milimeter dengan durasi 54-120 detik.

“Terjadi 16 kali gempa letusan selama 6 jam terakhir, 5 kali gempa guguran, 3 kali gempa hembusan, dan 1 kali gempa vulkanik dalam” kata Sigit Rian Alfian, petugas Pos PGA Semeru.

Meski hingga saat ini peningkatan aktivitas Gunung Semeru belum mengakibatkan dampak langsung ke masyarakat di kaki Gunung Semeru, namun petugas mengimbau agar masyarakat tetap waspada, karena status Gunung Semeru masih level 3 siaga.

“Sesuai rekomendasi PVMBG masyarakat dilarang beraktivitas apapun di radius 13 kilometer dari puncak Gunung Semeru, diluar jarak tersebut masyarakat juga dilarang beraktivitas dijarak 500 meter dari sepadan sungai sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar sejauh 17 kilometer dari puncak,” tutur Sigit.

Sigit juga mendorong masyarakat mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru. Terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat.

Baca Juga  Cegah Stunting, Wabup Indah Ajak Masyarakat Konsumsi 2 Telur Sehari

“Lalu mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan,” ucap dia menambahkan. (*)

Editor : Mohamad S
Publisher : Zainullah FT

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …