Tak Kunjung Selesai, Gedung Kesenian Butuh Data Ratusan Juta

Kraksaan – Pembangunan Gedung Kesenian di Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan hingga kini masih belum selesai. Namun, Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo mencanangkan, gedung yang dibangun sejak 2019 tersebut dapat dituntaskan tahun ini.

Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif pada Disporapar setempat, Musa mengatakan, perkembangan pembangunan gedung tersebut kini sudah sekitar 85 persen. Sisa pengerjaannya itu yang akan dituntaskan tahun ini.

“Masih perlu penyempurnaan, tapi tahun ini kami upayakan selesai,” katanya, Kamis (12/1/2023).

Musa menjelaskan, penyempurnaan gedung kesenian tersebut akan difokuskan ke interior bagian dalam bangunan. Mulai dari tribun untuk pengunjung yang hadir, dan pelengkap lainnya yang ada di dalam gedung. Serta pengecatan bangunan yang masih belum dilakukan dengan sempurna.

“Untuk merealisasikan ini, setidaknya membutuhkan anggaran Rp900 juta. Karena kebutuhannya memang masih cukup besar,” ujarnya

Lebih lanjut ia menerangkan, pembangunan gedung kesenian ini terbilang cukup lama. Selain membutuhkan anggaran yang besar, pengerjannya juga mengalami hambatan.

Pada tahun pertama dibangun, pengerjaan konstruksi bangunannya sudah mencapai 50 persen. Namun pada tahun kedua atau pada 2020 lalu, pembangunan belum bisa dilanjutkan karena anggarannya direfokusing ke penanganan Covid-19.

Begitupun pada 2021, pembangunannya belum dapat dilanjutkan lantaran pandemi Covid-19. Selanjutnya tahun 2022, anggaran yang ada tidak terlalu besar, sehingga hanya cukup untuk melakukan pavingisasi.

“Nanti ketika sudah selesai, pemanfaatannya akan dikelola oleh Disdikdaya (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Red.),” paparnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Limbah Telan Korban, DLH: PG Lalai

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …