Pemkab Probolinggo Akan Bangun 2 Jembatan Darurat

PROBOLINGGO,- Banjir bandang yang melanda Desa Gunggungan Kidul, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo membuat dua jembatan ambrol. Pemerintah setempat merencanakan pembangunan jembatan darurat sementara untuk akses warga sekitar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Hengki mengatakan, pihaknya akan membangun jembatan darurat sebagai pengganti jembatan desa yang rusak akibat banjir bandang di desa tersebut.

“Hanya saja, kami perlu melakukan koordinasi lintas sektor untuk menentukan langkah tersebut. Sehingga pengerjaan jembatan darurat itu dapat dikerjakan lebih cepat. Kalau dari saya, harapan saya pribadi lebih cepat lebih baik,” kata Hengki, Kamis (20/1/2022).

Jembatan darurat tersebut, lanjut Hengki, akan dibangun semi permanen dengan menggunakan kayu dengan catatan bisa dilalui sepeda motor. Nantinya, ada dua jembatan darurat akan dibangun dengan ukuran panjang masing-masing 50 meter dan 18 meter.

“Jembatan sebagai pengganti dari jembatan sebelumnya yang rusak. Untuk sementara waktu saja. Namun kami tetap melihat anggaran dulu. Karena untuk membangun jembatan permanen sangat belum memungkinkan, karena anggaran besar,” ujar Hengki.

Hengki mengaku, akan meminta bantuan dari pemerintah provinsi untuk ikut membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Agar pembangunan jembatan sementara tersebut dapat segera terrealisasi dengan cepat.

“Karena anggaran kami juga terbatas. Jadi perlu untuk melibatkan pihak provinsi juga. Kalau permanen ya paling cepat tahun depan, kecuali memang ada anggaran khusus nantinya untuk pembangunan jembatan permanen ini,” ungkap Hengki. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Jembatan Diterjang Lahar, Pelajar Lereng Semeru Digendong Menyeberangi Sungai

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …