PDAM Kabupaten Probolinggo Jadwalkan Perbaikan Pipa Bawah Laut Senin Depan

Probolinggo – Rusaknya pipa PDAM sejak sekitar dua minggu yang lalu membuat pasokan air bersih ke Pulau Giliketapang terputus. Direncanakan PDAM Kabupaten Probolinggo akan memperbaiki pipa bawah laut yang rusak pada Senin depan.

Hal itu disampaikan Kepala Teknis PDAM Kabupaten Probolinggo, Hari Supriyanto. Namun demikian, perbaikan juga akan melihat kondisi cuaca.

“Sesuai informasi dari pihak penyelam yang juga penyedia pipa serta alat perekat pipa HDPE, untuk perbaikan pipa PDAM yang rusak ini dilakukan pada Senin depan,” ujarnya.

Untuk teknisnya sendiri, pipa yang saat ini kondisinya tertekuk hingga membentuk huruf “A” yang ada di kedalaman 30 meter akan diangkat ke permukaan. Kemudian pipa HDPE berdiameter 8 dim tersebut akan di potong dan dilakukan penyambungan.

Untuk targetnya, perbaikan sendiri diperkirakan selesai dalam sehari. PDAM Kabupaten Probolinggo berharap, selama perbaikan, kondisi cuaca bagus sehingga perbaikan ini dapat cepat selesai.

Nantinya setelah perbaikan pipa selesai, serta agar kejadian tak terulang kembali, PDAM Kabupaten Probolinggo akan memasang tanda di sepanjang jalur pipa.

Selain itu PDAM akan bekerja sama dengan warga Giliketapang khysusnya nelayan apabila ada kapal tongkang untuk diingatkan agar tidak parkir di lokasi sekitar pipa.

“Selain memasang tanda, kita akan bekerja sama baik dengan Kepala Desa serta warga Giliketapang, khususnya untuk saling mengingatkan jika ada kapal tongkang yang parkir lokasi tersebut. Karena dengan saling mengingatakan kejadian serupa tidak akan terjadi,” imbuh Hari.

Diberitakan sebelumnya, sejak dua minggu yang lalu, pasokan air bersih warga pulau Giliketapang terhenti, lantaran pipa PDAM yang ada di dalam laut rusak. Selama dua minggu ini, warga mendapat pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Probolinggo, hingga Forkopimda Kota Probolinggo yang melakukan bakti sosial. (*)

Baca Juga  Abaikan Masker, Pelaku Pasar Dijebloskan ke Mobil Jenazah

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …