Intensitas Hujan Tinggi, Warga Lereng Semeru Waspadai Lahar dan Guguran Awan Panas

Lumajang,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprakirakan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara Kabupaten Lumajang, hari ini, Sabtu (15/10/22).

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang mengatakan, untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan, masyarakat dihimbau agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, Kecamatan Tempeh, sejauh 13 km dari puncak kawah (pusat erupsi) Semeru.

“Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terjadi perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak,” katanya.

Joko menyampaikan, masyarakat harus mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Menurut Joko, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Selain itu, ia merekomendasikan pemerintah desa, terutama di wilayah yang sering terdampak segera melakukan antisipasi dan mitigasi di area yang rentan terjadi bencana seperti banjir, banjir bandang, genangan tinggi, longsor, dan lain sebagainya.

“Juga menata kondisi lingkungan seperti merapikan pohon yang tinggi dan dapat membahayakan jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang,” kata Joko.

Selain itu, imbuhnya, melakukan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian pemerintah desa. “Serta mengintensifkan koordinasi untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometeorologi,” ungkap dia.

BPBD Kabupaten Lumajang, menurut Joko, juga telah mengimbau intansi dan masyarakat untuk meningkatkan pencegahan dan kesiapan menghadapi musim hujan yang sekarang berpotensi lebat.

Baca Juga  Asyik Berenang di Pantai Perikanan Mayangan, Dua Bocah Tenggelam

“Sudah dilakukan edukasi serta wawasan kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan,” pungkasnya. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Zainullah FT

Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …