Jembatan Bailey Kregenan Kraksaan Resmi Dibuka, Mobil Kini Bisa Melintas

Kraksaan,- Empat bulan pasca ambruk, jembatan gantung di Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, akhirnya bisa dilewati kembali.

Jembatan ini dibangun ulang dengan konsep Bailey dengan ruas yang lebih lebar dan panjang. Panjang jembatan mencapai 36 meter dengan lebar 4,2 meter.

Perbaikan jembatan tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Jadi jembatan ini bisa membawa kearah pendidikan lebih baik, ke arah ekonomi lebih baik dan kearah kreatifitas sosial yang lebih baik,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan jembatan itu, Selasa (3/1/23) sore.

Dengan beroperasinya jembatan bailey, Khofifah berharap aktifitas masyarakat setempat bisa kembali normal. Jembatan juga diharapkan mampu memberikan dampak, khususnya bagi lembaga pendidikan.

“Kalau yang dulu jembatan ini jembatan gantung. Sekarang diperbaiki menjadi jembatan Bailey agar kendaraan roda empat juga bisa melintas,” terangnya.

Menurut Khofifah, butuh dana sekitar Rp3,5 miliar untuk membangun jembatan Bailey di Desa Kregenan. Sumber dana berasal dari APBD Pemprov Jatim tahun 2022.

“Tolong jembatan ini dijaga bersama, bukan hanya oleh pemerintah. Sekarang kendaraan roda empat bisa lewat, sebelumnya saat masih jembatan gantung kan hanya kendaraan roda dua,” tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, jembatan ambruk di Desa Kregenan, Kecamatan Kraksaan, ambruk saat dilewati puluhan siswa SMPN I Pajarakan, Jum’at (9/9/22) lalu.

Akibatnya, puluhan orang luka-luka akibat terkena kerusakan kontruksi jembatan dan sebagian lantaran tercebur ke sungai. Empat bulan berlalu, jembatan kini siap dilewati.(*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Ilegal, Pol PP Turunkan Banner Liar di Kota Kraksaan

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …