Tiga Desa di Paiton Tersapu Puting Beliung, Rumah hingga Warung Porak-poranda

Paiton,- Puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya, Jum’at (23/12/22) malam. Rumah hingga warung porak-poranda akibat musibah ini.

Informasi yang dihimpun, sedikitnya ada tiga desa di Kecamatan Paiton yang terdampak puting beliung. Meliputi Desa Pondok Kelor, Sukodadi, dan Paiton.

Di Dusun Krajan, Desa Paiton, warung makan milik Ibnu Affan (37) rusak pada bagian atap pasca diangkat angin kencang itu. Padahal, angin menerjang warungnya hanya sekelebat saja namun dampaknya sangat signifikan.

“Anginnya cukup kencang, langsung memporak-porandakan beberapa bangunan di sekitar jalan raya Paiton ini, termasuk warung saya,” terang Ibnu, Sabtu (24/12/22).

Akibat peristiwa tersebut, Ibnu harus mengeluarkan biaya perbaikan warungnya yang ditaksir sekitar Rp7 hingga Rp10 juta. Perbaikan akan difokuskan pada bagian atap dan beberapa tiang penyanggah yang nyaris roboh.

“Ya sekitar Rp7 sampai Rp 10 jutaan kalau diperbaiki. Semoga cuaca buruk seperti ini lekas berlalu,” harap Ibnu.

Tenaga Teknis Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Silvia Verdiana mengatakan, selain bangunan berupa warung dan rumah, badan ada beberapa pohon tumbang akibat musibah itu.

“Ada 13 pohon tumbang di Kecamatan Paiton, 2 di Desa Jabung Candi, dan 2 di Desa Karanganyar, 4 pohon tumbang di Desa Paiton, satu di Desa Petunjungan, 2 di Desa Sidodadi, dan 2 di Desa Sumberanyar,” urai Silvia.

Selain di Kecamatan Paiton, lanjut Silvia, pohon tumbang juga terjadi di wilayah lain. “Satu pohon tumbang di Desa Patokan, Kecamatan Kraksaan dan satu pohon tumbang di Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura,” pungkas dia. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Mati Listrik, Nyalakan Lampu Teplok, Rumah di Krucil Terbakar

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …