Hore! Ribuan Buruh Tani dan Pabrik Rokok Terima Bantuan Rp1,5 Juta

Lumajang,- Lebih dari 7000 buruh tani dan buruh pabrik rokok di Kabupaten Lumajang terima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Cukai yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Selasa (29/11/2022).

Penyaluran bantuan bagi warga yang notabene pelaku tembakau ini diberikan langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Probolinggo bersama Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

“Hari ini kami menyalurkan BLT Cukai kepada lebih dari 7 ribu buruh tani dan buruh pabrik rokok”, ungkap Bupati Lumajang, Thoriqul Haq.

BLT Cukai ini, menurut Thoriqul, merupakan program dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang kembali diberikan kepada masyarajat sebagai konsumen maupun pekerja tembakau.

Satu orang buruh, menerima bantuan sebesar Rp300 ribu selama masa tanam dan pasca tanam tembakau. Dengan demikian, mulai dari masa pembibitan hingga proses produksi, per orang rata-rata menerima sebesar Rp1,5 juta.

“Bantuan itu kita rapel mas, dari 5 bulan sebelumnya”, tambah Kepala Kantor Bea Cukai Probolinggo, Andi H.

Sementara itu, Sukiha, salah satu buruh tani tembakau yang menerima bantuan mengaku amat senang menerima bantuan BLT DBHCHT sebesar Rp 1,5 juta.

“Karena kita ini buruh tani tembakau, ya nanti untuk beli beras. Matur nuwun Pak Bupati sudah hadir menyerahkan bantuan untuk kami,” syukurnya dengan mata berbinar-binar. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Anggap DPRD Tak Solidaritas, Abdul Kadir Ajukan Audiensi

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …