Optimis Target PAD Rp1,8 Miliar Tercapai

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Sejak April 2020 lalu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang berasal dari retribusi pasar macet. Pasalnya retribusi pasar diliburkan akibat pandemi Covid-19.

Namun, sejak awal September 2020, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, kembali menarik retribusi pasar untuk mendongkrak target PAD. Sebelum itu, dinas telah mengajukan keringanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisperindag setempat Taufik Alami mengatakan, awalnya target PAD pasar kisaran Rp3 milliar. Dinas kemudian meminta keringanan kepada Bupati Probolinggo sehingga target PAD menjadi Rp1,3 milliar.

“Awalnya kan target PAD pasar sebesar Rp3 miliar, tapi kemudian ada keringanan karena penarikan retribusi diliburkan 5 bulan sejak April sampai Agustus. Dari keringanan itu kini target PAD-nya menjadi Rp 1,8 milliar ” kata Taufiq, Jum’at (25/9/2020)

Dengan pemangkasan tersebut, lanjut Taufiq, ia optimis target PAD pasar tahun ini akan terpenuhi meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Terlebih saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan jam operasional pasar yang sebelumnya sempat diberlakukan.

“Kalau operasional pasar tidak dibatasi, penarikan retribusi pasar akan lancar. Ada beberapa bulan ke depan untuk terus melakukan penarikan retribusi, insyaallah target terpenuhi,” ujar mantan Camat Gading ini.

Sebelum pandemi Covid-19, pada triwulan pertama, sambung dia, pihaknya sudah berhasil mengumpulkan dana retribusi pasar kurang lebih Rp 984 juta. Sehingga, katanya, sisa target PAD tersebut sudah tidak mencapai Rp 1 miliar.

“Kurangnya sekitar Rp 900 jutaan. Kemungkinannya sampai retribusi di November bisa terpenuhi. Ini juga merupakan perlindungan pemerintah bagi pedagang, karena gara-gara pandemi ini niali beli masyarakat turun, juga berpengaruh ke pedagang,” tutup Taufiq. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Jelang Pergantian Tahun, Kapolres Probolinggo Pecat Dua Anggotanya

Baca Juga

Pemkot Probolinggo Belum Mulai Lelang Barang dan Jasa, Terkendala Hal ini

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo hingga triwulan pertama ini belum melakukan tender pengadaan barang dan …