Jalur Lumajang – Malang Ditutup Sepekan, ini Sebabnya

Lumajang,- Jalur Malang – Lumajang di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, diperbaiki. Perbaikan jalur ini membawa dampak domino bagi warga sekitar

Sekretaris Camat (Sekcam) Candipuro, Abdul Aziz mengatakan, imbas perbaikan jalur itu antara lain ditutupnya jalur dari Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro menuju kawasan Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Dijelaskannya, penutupan diberlakukan di titik pertigaan tugu salak Desa Sumberwuluh. Penutupan itu diberlakukan selama satu pekan mulai tanggal 29 November hingga 5 Desember 2022.

“Kita sudah terima surat pelaksana itu untuk mohon bantuan dilakukan penutupan sementara. Karena, akses satu-satunya ke arah Curah Kobokan ini sedang dilakukan pengecoran jalan,” katanya, Minggu, (27/11/22).

Maka dari itu, Aziz menyampaikan untuk sementara jalur dari dan ke arah Kabupaten Malang itu dialihkan melalui Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

“Ini khusus pengendara yang melintas dari dan ke arah Malang, dialihkan lewat jalur alternatif melalui Desa Sumbermujur,” ujar dia.

Menurut Aziz, penutupan jalur ini dilakukan sebagai tindaklanjut penanganan banjir lahar dingin yang terjadi pada Minggu (11/10/2022) lalu. Sebagaimana diketahui, banjir itu mengakibatkan tanah longsor sehingga jalan nasional Malang – Kabupaten lumpuh.

Sementara itu, jalur Curah Kobokan tetap diberlakukan sistem buka tutup, meski yang melintas hanya kendaraan roda dua.

“Kalau ada getaran banjir yang membahayakan pengendara yang melintas, pasti jalur akan ditutup,” tandasnya.(*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Kondisi Gunung Semeru di Lumajang, Tiap 6 Jam Alami Erupsi

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …