PAITON-PANTURA7.com, Insiden kebakaran terjadi di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Minggu (2/8/2020) siang. Namun, api berhasil dijinakkan sebelum membesar dan meludeskan seluruh bangunan.

Informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi di gudang meubel kayu milik Mustofa (50) warga Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton, sekitar pukul 12.30 WIB. Saat kejadian, gudang sepi lantaran para karyawan memasuki jam istirahat.

Khairul Anwar (30) warga setempat mengatakan, dirinya pertamakali mengetahui kebakaran tersebut saat hendak mengambil air di sumber mata air sekitar gudang meubel. Kemudian ia melihat ada percikan api yang disusul asap tebal di sela-sela tumpukan kayu.

“Saya dari sawah, rencananya mau ngambil air minum saja. Ketika itu memang sepi, karena karyawan istirahat. Takut api semakin membesar, langsung saya memanggil warga,” kata Kahirul saat ditemui di lokasi.

Dalam sekejap, warga sudah berkerumun dan berjibaku memadamkan api menggunakan alat seadanya. Warga akhirnya tidak melapor ke Pemadam kebakaran (Damkar) dan kepolisian lantaran api mulai berhasil dikondisikan.

“Sekitar 15 menitan sudah padam, hanya saja asap dari tumpukan kayu sempat mengarah ke jalan pantura sehingga mengganggu pengguna jalan. Tapi setelah disiram oleh warga, asapnya juga hilang,” papar dia.

Hingga api benar-benar padam, pemilik dan karyawan gudang tak juga muncul di lokasi. “Kerugian tidak tahu, karena pemilik dan karyawannya belum ada,” tambahnya.

Sementara menurut Maqbul Andriyono (24) penjaga warung sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), ia menduga kebakaran tersebut bersumber dari tumpukan sampah di belakang meubel tersebut yang sebelumnya sempat dibakar.

“Kemudian menjalar sampai terkena serbuk kayu sampai muncul api. Untungnya arah angin dari utara, sedangkan serbuk kayu banyak di sebelah utara meubel, karena terhalang rumah warga membuat api tidak sampai terbawa angin,” terang pemuda asal Kecamatan Kotaanyar ini. (*)

Baca Juga  Pohon Tumbang Timpa Mobil, Jalur Malang - Surabaya Lumpuh


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT