Menpan RB Minta MPP Kabupaten Probolinggo Terapkan Digitalisasi

Probolinggo – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas menghadiri penandatanganan prasasti Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Kamis siang (17/11/2022). Menpan RB meminta birokrasi pelayanan MPP menerapkan digitalisasi.

Menpan RB mengatakan, ada tiga arahan presiden tentang reformasi birokrasi. Yakni, birokrasi yang berdampak langsung ke masyarakat, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, dan birokrasi lincah dan cepat.

“Arahan presiden inilah yang harus dilaksanakan di pelayanan birokrasi yang ada di daerah, sehingga birokrasi yang di jalankan oleh daerah khususnya Kabupaten Probolinggo dapat berdampak kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, mantan Bupati Banyuwangi ini juga sempat memuji Kabupaten Probolinggo, di mana mantan Bupati Probolinggo bersama mantan anggota DPR RI membangun MPP.

Kemudian setelah bergantinya kepemimpinan bupati, MPP ini berhasil dikembangkan dan ditingkatkan. Salah satu peningkatannya, adanya perkembangan pelayanan serta adanya inovasi drive thru.

“Saya mengapresiasi dan berharap Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo yang sudah berkembang lebih digitalisas. Sehingga masyarakat yang mengurus perizinan dan birokrasi lainnya tidak perlu lagi datang, cukup menggunakan HP,” imbuh Menpan RB.

Diketahui, sejak MPP Kabupaten Probolinggo diluncurkan 18 Desember 2018 lalu, ada 12 instansi internal dengan 127 layanan dan 10 instansi vertikal dengan 29 layanan tergabung di dalamnya. Dan saat ini berkembang yakni, ada 16 instansi internal dengan 105 layanan, serta ada 16 instansi vertikal, dengan 50 layanan.

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan, dengan adanya pelayanan drive thru, maka pelayanan di MPP ini dapat semakin cepat, serta pelayanan secara digitalisasi yang disampaikan Menpan RB, saat ini masih dirintis, dan segera akan diterapkan.

“Inovasi drive thru ini memudahkan pengurusan birokrasi tanpa harus masuk ke dalam MPP, serta dapat dengan cepat selesai, selain ini. Saat ini Pemkab Probolinggo telah merintis pelayanan secara digital sesuai arahan Menpan RB, sehingga digitalisasi ini segera terwujud dan diterapkan,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Imbau Imam dan Marbot Masjid Segera Vaksin Booster

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …