Penipuan, Akun Medsos Gus Aam dan Ra Hamid Diduplikasi

Probolinggo – Aksi penipuan dengan cara menduplikasi akun media sosial (medsos) kembali terjadi. Kali ini yang menjadi korban anggota DPR RI Dapil II Jawa Timur (Pasuruan-Probolinggo), M. Haerul Amri.

Pria yang akrab disapa Gus Aam ini mengungkapkan, selain akun Facebook, terdapat juga akun WhatsApp dengan nomor 083834996903 yang mengatasnamakan dirinya.

“Dimohon agar kiranya tidak terpengaruh serta menanggapi status dan permintaan salam bentuk apa pun dari Facebook dan WhatsApp tersebut,” kata politisi dari Partai Nasdem tersebut, Senin (31/10/2022).

Mengetahui ada akun medsos yang mencoba menduplikasi dirinya, Gus Aam pun langsung menghubungi sejumlah kerabat dan kenalan dekatnya untuk memberitahukan informasi tersebut. Sehingga, adanya akun duplikasi itu tidak sampai memunculkan korban penipuan.

“Sementara ini belum ada korban, semoga saja tidak ada,” paparnya.

Di hari yang sama, terdapat juga akun WhatsApp dengan nomor 082185107646 yang mengatasnamakan Rektor Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton. Akun WhatsApp yang mengaku sebagai KH. Abdul Hamid Wahid ini bahkan langsung mengirimkan nomor rekening atas nama Juwita Aprilia.

Rektor yang akrab disapa Ra Hamid ini mengungkapkan, akun ini diketahuinya sekitar pukul 14.09 tadi. Atas aksi penipuan ini, ia mengimbau agar semua pihak waspada dan berhati-hati agar tidak terjebak oleh penipu.

“Mohon hati-hati, ada nomor HP chatting via WA mengatasnamakan saya dan meminta transfer sejumlah uang. Mohon diabaikan. Penipuan. Sekaligus Mohon bantuannya untuk melaporkan ke Call Center Penipuan, supaya HP tersebut diblokir dan tidak menimbulkan korban lebih jauh,” pesan Rektor Unuja tersebut seperti dinukil di laman resmi kampus yang ada di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton tersebut. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Temui Pengasuh Pesantren se-Tapal Kuda, Mahfud MD Ajak Pilih Pemimpin Sesuai Nurani

Foto istimewa

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …