Pelajar SMP di Lumajang Salat Ghaib untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Lumajang,- Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam, memantik keprihatinan berbagai pihak di tanah air.

Selain memberikan dukungan dalam bentuk fisik dan material, tidak sedikit yang memberikan dukungan moral. Seperti dilakukan SMP Negeri 4 Kabupaten Lumajang, dengan cara menggelar doa dan salat ghaib berjamaah.

Salat gaib merupakan salat sunnah yang dilakukan untuk mendoakan jenazah. Namun jenazah berada ditempat yang tidak bisa dijangkau, tidak seperti salat jenazah yang jenazahnya berada dihadapan orang yang mensalatkan.

Salat ghaib dilaksanakan di musholla SMP Negeri 4, Senin (3/10/22) pagi. Usai salat ghaib, sekolah juga memberikan edukasi kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga sportifitas dan profesionalitas sebagai suporter sepak bola.

Kepala SMP Negeri 4 Kabupaten Lumajang, Mamik Setyawati mengatakan, setelah mendapat kabar tentang insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, pihaknya berinisiatif dengan para guru yang lain untuk melaksanakan salat ghaib.

“Selain untuk mendoakan para korban, juga dilakukan untuk memberikan edukasi kepada siswa mengenai pentingnya mengendalikan diri saat menjadi suporter sepak bola, baik soal ketertiban maupun menyiapkan segala peralatan keselamatan,” kata Mamik.

“Kami bersama para guru dan siswa SMPN 4 Lumajang mendoakan para korban yang ada di stadion Kanjuruhan, semoga husnul khotimah, diampuni segala khilafnya,” harapnya.

Hingga saat ini, Tragedi Kanjuruhan tercatat telah menewaskan 125 orang dan 309 korban lainnya mengalami luka-luka. Mayoritas korban luka masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Malang. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Demi Hewan Ternak, Warga Lereng Semeru Kembali ke Perkampungan

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …