Pemkab Lumajang Buka MPP, Tersedia 128 Layanan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang membuka Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai sentra pelayanan terpusat. MPP ini dibuka guna meningkatkan pelayanan publik ataupun pelayanan dasar kepada masyarakat.

Pemanfaatan MPP secara resmi dilakukan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati, Indah Amperawati, pada Sabtu, (24/9/2022).

Awalnya, bangunan yang terletak di Jalan Veteran No. 72, Kelurahan Kepuharjo ini merupakan kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lumajang, yang kemudian disulap menjadi kantor MPP.

Anggaran yang dihabiskan untuk proses rehabilitas kantor Disnaker menjadi MPP, sebesar Rp.463,6 juta. Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lumajang tahun anggaran 2021.

Di MPP ini, Pemkab Lumajang menghadirkan 17 OPD dengan jumlah 128 layanan dasar atau layanan publik di lingkungan Pemkab lumajang.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, dengan MPP maka pelayanan di Kabupaten Lumajang akan semakin mudah sehingga masyarakat tidak direpotkan dengan pelayanan administratif.

“Pembukaan MPP yang representatif ini akan memiliki dampak signifikan terhadap pelayanan dan kemudahan dalam melakukan pengurusan surat menyurat. Juga bagi ereka yang sakit namun tidak bisa ke rumah sakit, maka ada dokter muter terutama yang aksesnya sulit terjangkau”, kata Thoriq.

Menurutnya, operasional MPP masih sebatas uji coba, yang nantinya akan dievaluasi. “Ini masih belum sempurna pembangunannya. Bukan karena tak ada biayanya, namun karena perlu pembenahan,” terang Cak Thoriq.

Di MPP ini, dijelaskan Cak Thoriq, juga bisa melayani pembuatan paspor. Termasuk pelayanan yang lain yang melibatkan pemerintah pusat.

“Ngurus waris, mecah tanah dan pelayanan lain bisa proses di sini. Doakan kami tetap istiqamah dan tidak neko-neko dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, pungkasnya. (*)

Baca Juga  Tebing Longsor, Rumah Warga di Lumajang Tertimbun 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Anggaran Dipangkas, Sejumlah Proyek di Kota Probolinggo Berpotensi Gagal

Probolinggo,- Perubahan alokasi anggaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo membuat sejumlah proyek pembangunan diprediksi gagal. …