Akhirnya, Jasad Pria yang Terpendam Dalam Pipa Saluran Air Berhasil Dievakuasi

Pajarakan,- Jasad Samsul (64) warga Dusun Triwungan, Desa Brani Wetan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, akhirnya berhasil dievakuasi. Jasad korban berhasil dievakuasi lebih dari 10 jam pasca ditemukan.

Proses evakuasi jasad korban berlangsung rumit lantaran tepat berada di dalam gorong-gorong besi yang memiliki ketebalan 10 milimeter dengan diameter 100 sentimeter.

Kapolsek Pajarakan Iptu Eko Purwadi mengatakan, korban berhasil dievakuasi Sabtu (27/8/32) sekira pukul 22.30 WIB. Jasadnya berhasil diangkat setelah warga dan tim evakuasi melakukan penggalian tanah dan memecah gorong-gorong besi tersebut.

“Prose evakuasi korban dilakukan setelah Tim Nasarnas beserta BPBD dan anggota kami berhasil memecah gorong besi itu,” kata Kapolsek Eko, Minggu (28/8/22).

Untuk memecahkan pipa besi, petugas gabungan terpaksa harus memukul besi menggunakan palu beton, alat las, hingga mesin gerinda. Namun sejumlah percobaan, tak seluruhnya berhasil.

“Pertama memakai palu besar itu sampai tiga biji palu semuanya patah, namun masih belum bisa memecah pipa besi itu. Kemudian memakai las juga masih belum berhasil,” ungkap dia.

“Terakhir kami menggunakan gerinda dan akhirnya berhasil memecah gorong-gorong sehingga proses evakuasi korban bisa dilakukan. Jasad korban kemudian diangkat,” imbuh dia.

Setelah berhasil diangkat, jasad korban selanjutnya dibawa Puskesmas Pajarakan. “Pihak keluarga korban sepakat menolak jasad korban untuk diotopsi dan menerima peristiwa tersebut sebagai kecelakaan,” ucapnya.

Sebelum ditemukan tak bernyawa, Eko menjelaskan, korban keluar rumah seorang diri pada Selasa (23/8/22) malam. Kemudian, ia tak kunjung pulang ke rumahnya sehingga akhirnya pihak keluarga melapor ke Polsek Maron.

“Korban memang mengalami riwata penyakit. Jadi, kondisi korban saat itu kurang fit. Kemudian warga Selogudik Wetan menemukan korban di dalam pipa besi saluran gorong-gorong,” terangnya.

Baca Juga  Malam Tahun Baru Kelabu, 5 Orang Sekeluarga Tewas Tertabrak KA di Rejoso

“Menurut keterangan saksi, awalnya ditemukan sarung di pipa besi itu saat mengecek saluran air yang tersumbat. Setelah di cek lagi, kemudian ditemukan celana dalam dan ternyata korban merupakan orang hilang yang di laporkan ke Polsek Maron,” paparnya.

Sekedar informasi, jasad Samsul (64) ditemukan tak bernyawa oleh warga Desa Selogudik Wetan, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu siang. Korban sempat dilaporkan ke Polsek Maron karena empat hari sebelumnya, Selasa (23/8/22) korban dinyatakan hilang. (*) 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …