Sempat Terjangkit PMK, Domba dan Kambing Sembuh Total

KRAKSAAN – Sapi merupakan hewan paling rentan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dibandingkan sapi, domba dan kambing yang terjangkit PMK jauh lebih sedikit.

Medik Veteriner Muda pada Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, minimnya domba dan kambing yang terjangkit virus tersebut disebabkan imunitas dua ternak itu cukup tinggi.

Sehingga domba dan kambing tidak mudah terpapar PMK dan relatif lebih kebal. “Ada temuan ketika pengecekan di lapangan, tapi hanya sedikit,” katanya, Jumat (19/8/22).

Ia menjelaskan, saat ini sudah tidak ada lagi domba dan kambing yang terpapar penyakit tersebut. Sebelumnya, dari 70.278 ekor populasi domba, hanya 50 ekor yang sempat terpapar. Rinciannya 25 ekor berada di Kecamatan Lumbang, 23 di Kecamatan Dringu, dan dua ekor berada di Kecamatan Maron.

Sementara, untuk kambing yang populasinya mencapai 50.410 ekor, hanya 68 ekor yang sempat terpapar. “Perawatan dengan vitamin dan asupan makanan yang cukup bisa mempercepat proses penyembuhan. Dan kini 100 persen sudah sembuh,” tuturnya.

Meskipun minim temuan virus PMK yang menyerang domba dan kambing, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan sanitasi kandang serta memberikan asupan makanan yang cukup. Menurutnya, dua upaya tersebut merupakan cara yang paling efektif untuk menanggulangi penyebaran PMK.

“Kalau higiene sanitasi diperhatikan betul dan makannya tercukupi. Ternak akan lebih kebal dan tidak rentan sakit,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Program Sosial Tabungan Persalinan RSIA Mawar Malang Banjir Dukungan

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …