Bronjong di Tambak Ukir Kotanyar Dikeluhkan Warga, ini Sebabnya 

Kotaanyar,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, membangun bronjong untuk mencegah longsor pada Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Alaskembang, Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar, beberapa waktu lalu.

Siapa sangka, bronjong berupa tumpukan batu yang diikat kawat itu, justru dikeluhkan warga setempat. Sebab warga khawatir bronjong juga longsor mengingat intensitas hujan saat ini masih tinggi.

“Ya sebelumnya plengsengannya roboh (longsor) kemudian di bangun bronjong ini, kalau tidak salah bulan Juli itu,” kata warga Desa Tambak Ukir, Abdul Kholiq (40), Kamis (18/8/22).

“Setelah itu, dua hari yang lalu itu kan hujan deras dari siang sampai malam, akhirnya bronjong itu juga rusak, khawatirnya longsor lagi soalnya di pinggir jalan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) setempat Mohamad Tarsan mengatakan, keberadaan bronjong di desanya memang meresahkan warga karena posisinya tepat di pinggir rumah warga.

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak BPBD mengenai keluhan warga. “Tentunya kalau tidak segera diperbaiki kan membahayakan warga. Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD,” ungkap dia.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah, Ketua BPBD Kabupaten Probolinggo Rahmad Waluyo mengklaim, pihaknya secara bertahap telah melakukan perbaikan bronjong yang rusak, sejak Rabu (17/8/22) lalu.

“Ya, kami sudah melakukan perbaikan kembali bronjong rusak itu kemarin,” jawabnya saat dikonfirmasi. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan

Baca Juga  Lansia Ditemukan Tewas Penuh Luka Bacok di Panggungrejo Kota Pasuruan

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …