Lahir 17 Agustus, 4 Anak di Lumajang Terima Fasilitas Gratis

Lumajang,- Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, terasa amat spesial bagi pasangan suami istri, Dodik Saputro dan Siti Aminah. Betapa tidak, buah hati keduanya lahir tepat di hari proklamasi.

Istri Dodik, Siti Aminah, warga Desa Pandansari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, melahirkan seorang bayi laki-laki di Puskesmas Senduro, Rabu (17/8/22).

Saat ditemui, Dodik mengaku sangat bahagia. Menurutnya, kelahiran anak laki-lakinya dengan berat 3 kilogram dan panjang 51 sentimeter itu berlangsung sekitar pukul 01.04 WIB di ruang bersalin.

“Saya sangat bangga sekali karena anak saya lahir pada hari kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Dodik saat ditemui di Puskesmas Senduro, Rabu (17/8/2022).

Dodik menyampaikan, nama anak sudah disiapkan sejak beberapa bulan yang lalu. “Untuk anak ini, saya beri nama Muhammad Marcek Al-Fatih,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, di Kabupaten Lumajang ada empat bayi yang lahirnya bertepatan dengan hari HUT RI yang ke-77.

Ia menyebut, pihaknya sudah meminta ke Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lumajang untuk memberikan akte kelahiran dan kartu identitas anak secara gratis.

Kemudian, sambung Thoriq, ia lantas mengecek seluruh puskesmas di Kabupaten Lumajang, untuk melapor jika ada bayi yang lahir tepat pada 17 Agustus 2022.

“Tadi malam tepatnya jam 01.04 WIB, di Puskesmas Senduro ada yang melahirkan, rumah sakit umum, Puskesmas Sukodono dan di rumah sakit islam,” terangnya.

Thoriq melanjutkan, setelah lahiran mereka sudah tidak perlu mengurus perubahan KK, Akte Kelahiran pun kartu identitas anak. Sebab setelah lahiran surat dan kartu identitasnya itu sudah dibuatkan secara gratis.

“Jadi, pulang sudah selesai, tidak perlu ribet-ribet lagi untuk ngurus lagi. Satu tempat dengan pelayanan semua terpadu dalam satu pelayanan,” pungkas Bupati Thoriq.(*) 

Baca Juga  AMSI Jatim Gelar Rakerwil 2022 dan Jatim Digital Day

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …