Ilustrasi

Miris! 20 Warga Lumajang Dipasung Gegara Idap Gangguan Jiwa

Lumajang,- Setiap orang yang mengidap gangguan jiwa, dianjurkan untuk segera mendapatkan penanganan medis. Sebab jika tidak, dikhawatirkan dapat memperburuk kondisi si pasien.

Mirisnya di Kabupaten Lumajang, tercatat ada 20 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung oleh pihak keluarga. Selama dipasung, asupan obat-obatan medis juga terbatas sehingga kondisi si pasien kian memburuk.

Angota Komisi D DPRD Lumajang, Supratman mengatakan, faktor utama yang menyebabkan ODGJ dipasung karena dianggap bisa membahayakan lingkungan sekitar. Rata-rata pemasungan dilakukan oleh pihak keluarga.

“Di Lumajang yang terdata ada sekitar 20 orang yang mengalami masalah ini. Masalahnya kompleks, biasanya karena dianggap membahayakan lingkungan oleh keluarga,” kata Supratman, Selasa (16/8/2022).

Sebenarnya pengidap ODGJ di Kabupaten Lumajang, menurut Supratman, lebih dari angka tersebut. Masyarakat masih menilai bahwa mempunyai keluarga yang mengidap ODGJ sebagai ai sehingga pemasungan dilakukan.

“Bahkan untuk melaporkannya saja pihak keluarga ODGJ ini masih enggan,” jelas dia

“Mereka (keluarga) masih menganggap pengidap ODGJ ini aib. Padahal, (pasien ODGJ) perlu untuk diperiksa ke dokter,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo menyampaikan, setiap ODGJ sejatinya wajib mengkonsumsi obat selama hidupnya.

Sebab, pelayanan kesehatan bagi para ODGJ sudah ada di setiap puskemas maupun RSUD dr. Hariyoto Lumajang. Bahkan rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang itu juga memiliki dokter spesialis kejiwaan.

“Harus, semua daerah seharusnya berkomitmen dengan gerakan bebas pasung. Penerapannya, jika ada temuan, muspika langsung berkoordinasi dan melakukan pendekatan terhadap keluarga,” urai Bayu. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Warga Swadaya Bangun Tiga Palang Pintu Perlintasan KA

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …