Pasokan Terbatas, Telur Ayam Tembus Rp30 Ribu 

Probolinggo – Memasuki pertengahan Agustus, harga telur ayam di Kota Probolinggo naik menjadi 30 ribu per kilogram (kg). Menurut pedagang kenaikan telur ayam ini lantaran harga dari distributor juga naik.

Dari pantauan PANTURA7.com di Pasar Baru Kota Probolinggo, harga telur ayam saat ini mencapai 30 ribu dari sebelumnya Rp24 ribu per kg. Menurut pedagang naiknya harga telur ayam ini sudah sejak Selasa lalu (9/8/2022).

“Selasa itu harga telur ayam sudah mulai naik dari 24 ribu, menjadi 28 ribu perkilo, naik lagi menjadi 29 ribu perkilo, hingga pada hari Jumat dan Sabtu ini harga telur ayam bertahan pada Rp30 ribu per kilo,” ujar salah satu pedagang asal Mayangan, Rei.

Pedagang mengaku, kenaikan harga telur ayam ini lantaran pasokan dari distributor berkurang sejak beberapa hari terakhir. Selain itu, saat ini di beberapa wilayah Jawa Timur, bantuan dari pemerintah berupa bahan pokok yang isinya di antaranya telur sudah mulai dibagikan ke masyarakat.

Tak hanya telur, harga beras juga naik. Beras Cap Kepompong kemasan per 3 kg saat ini Rp35 ribu padahal sebelumnya Rp32 ribu.

“Beras juga terpantau naik mas, untuk yang kemasan 3 kg saat ini harganya 35 ribu. Saya prediksi untuk telur ayam beberapa hari ke depan akan kembali normal,” imbuh Rei.

Hal senada disampaikan pedagang asal Jrebeng Wetan, Giska. Dikatakan harga telur ayam saat ini masih tetap seperti kemarin Rp30 ribu dari awal Rp24 ribu.

Selain naik, pasokan telur ayam ini juga agak terlambat datang.

“Untuk harga kulak Rp29.500 dan saya jual 30 ribu per kilo. Kenaikan harga telur ayam ini karena dari distributor harganya naik, dan juga stok dari distributor juga terbatas,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Ramadhan Heppiii, Korban PHK Terima Bantuan Sembako

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …