BPBD Latih Siswa MI Muhammadiyah Hadapi Bencana

Probolinggo – Untuk memberikan edukasi, serta sosialisasi penyelamatan saat terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo menggelar simulasi kebencanaan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 1 Kota Probolinggo, Sabtu (13/8/2022). Melalui simulasi tersebut diharapkan para siswa dapat menyelamatkan diri jika terjadi bencana.

Simulasi digelar sejak pagi, diikuti sekitar 800 siswa mulai siswa kelas 1 hingga 5, serta para guru. Ada tiga simulasi kebencanaan yang dilakukan yakni, simulasi gempa, simulasi kebakaran, dan simulasi evakuasi korban dari ketinggian.

“Simulasi ini tujuannya agar siswa ini tidak takut saat ada bencana. Sehingga ketika terjadi bencana, siswa setidaknya dapat mengerti apa yang dilakukan, paling tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi (ceramah) dan pemutaran video. Tujuannya sebelum praktik, para siswa mengerti langkah-langkah yang dilakukan saat terjadi bencana.

Selain praktik penyelamatan saat gempa dan kebakaran, simulasi ini juga mempraktikkan di mana saat terjadi kebakaran ada korban yang masih terjebak di lantai 3. Petugas pun melakukan penyelamatan korban dengan menggunakan tali dari lantai 3.

“Dari simulasi yang telah kami lakukan, siswa sekolah lain juga menggelar simulasi kebencanaan. Sehingga jika terjadi bencana, para siswa dan guru mengerti apa yang harus di lakukan saat terjadi bencana,” imbuh Sugito. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Berkah Tahun Ajaran Baru, Salon Pangkas Rambut Disesaki Pelajar

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …