Jelang HUT Kemerdekaan, Penjual Bendera Merah Putih Marak

Pajarakan,- Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, sejumlah penjual Bendara Merah Putih mulai ramai di sepanjang Jalan Raya Pantura Probolinggo – Situbondo.

Salah satunya Evan, warga asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang menjadi penjual bendera musiman. Ia mengaku, berangkat dari Garut ke Probolinggo, Minggu (24/7/2022) lalu bersama 43 rekannya untuk menjual berbagai eksesoris Bendera Merah Putih di sejumlah daerah di Jatim.

Evan dan kawan-kawan berjualan bendera di Probolinggo, Bondowoso, Pasuruan, dan Situbondo. Di Kabupaten Probolinggo sendiri terdapat 10 orang dari Garut (rombongan Evan) yang berjualan bendera.

“Kelompok saya ada 10 orang. Kami ngontrak rumah di Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan. Jadi di setiap kabupaten itu disediakan satu Mobil Gran Max untuk operasional,” kata Evan, Rabu (27/7/2022).

Untuk harga kasesoris bendera yang ia jual paling murah Rp10.000 per biji dan yang paling mahal Rp400.000.

“Yang bendera kecil ini Rp10 ribuan, kalau yang panjang Rp400 ribuan. Itu kan kadang masih ditawar sama pembeli. Ya paling mentok biasanya saya dapat Rp1 jutaan sampai saya balik ke Garut,” ucapnya.

Lebih lanjut Evan menjelaskan, dirinya pernah tertipu oleh bembeli dengan jumlah uang sekitar Rp 500 ribu. Saat itu, ia sedang membereskan barang jualannya dan si pembeli menyembunyikan barang dagangannya ke dalam tasnya.

“Kan orang itu nanya-nanya bendera sampai saya keluarin semua benderanya tapi hanya satu yang dibeli. Setelah itu saya beresin bendera itu dan saya baru sadar kalau bendera saya itu ada yang dibawa kabur saat saya hitung hasil di kontrakan. Dan kebetulan hari itu hanya ada satu pembeli itu saja,” curhatnya.

Baca Juga  Candi Jabung, Bangunan Suci Peninggalan Majapahit

“Di sini sampai tanggal 17 Agustus, setelah itu saya balik ke Garut. Tanggal 17 itu final jualan saya sudah,” pungkasnya. (*) 

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Korban Meninggal Laka KA di Rejoso Bertambah, Kini jadi 4 Orang

Pasuruan,- Korban meninggal dunia dalam kecelakaan antara Toyota Kijang Nopol N-1475-WU dengan Kereta Api (KA) …