Banjir Rob Terjang Kalibuntu Kraksaan, yang Ketiga Sepanjang 2022

Kraksaan,- Banjir rob kembali terjadi di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Banjir ini menerjang pemukiman padat kegiatan itu sejak Kamis (14/7/22).

Tentunya hal itu berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, banjir rob biasa terjadi dua kali dalam setahun namun, ditahun 2022 kali ini banjor rob telah merendam Desa Kalibuntu tiga kali.

Warga Desa Kalibuntu, Suparyono mengatakan, banjir kali ini merupakan yang ketiga sepanjang tahun 2022. Hal itu menurut Suparyono tidak lazim.

Sebab biasanya banjir rob akibat air laut pasang menerjang desanya maksimal dua kali dalam setahun. Namun tahun ini justru sudah 3 kali terjadi meski masih bulan Juli.

“Biasanya banjir rob memang tamu tahunan yang biasanya dua kali per tahun. Tapi sekarang ini sudah tiga kali,” terang Suparyono saat dtemui di lokasi banjir, Jum’at (15/7/22).

Suparyono mengatakan, banjir rob sebelumnya terjadi pada Kamis, tanggal 19 Mei lalu kembali terjadi Kamis, tanggal 16 Juni 2022. Artinya dalam tiga bulan terakhir, desanya selalu terendam rob.

“Biasanya itu di bulan lima (Mei) dan bulan tujuh (Juli) pasti banjir rob terjadi, tapi sekarang ini sudah tiga kali berturut – turut banjirnya,” curhatnya.

Kepala Desa (Kades) Kalibuntu, Khoirul Anam mengatakan, banjir rob tersebut biasanya berlangsung tiga sampai empat hari. Ia memprediksi, puncak banjir bakal berlangsung Sabtu (16/7/22) besok.

“Banjirnya kan dari kemarin, kemungkinan besok ini terakhir banjirnya. Artinya, untuk bulan tujuh ini tidak akan banjir lagi, tapi tidak menutup kemungkinan masih terjadi lagi,” prediksinya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Overload, Rutan Kraksaan Gagal Terapkan Sosial Distancing

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …