Tanaman Hutan Kota Dipasang QR Code dan Label, Apa Tujuannya?

Kraksaan,- Setelah memasang Quick Response Code (QR Code/Barcode) pada 25 jenis tanaman di hutan Kota Kraksaan, Rabu (6/7/22), lalu, kini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo ganti memasang label tanaman di Ruang Terbuka Hijau (RTH) lainnya.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Tata lingkungan Hidup, Arif Kurniadi mengatakan, labelisasi tanaman itu bertujuan untuk mengenalkan masyarakat akan jenis dan manfaat tanaman yang ada di sekitarnya.

“Pemasangan QR Code merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk bisa lebih mengenal dan mengetahui nama-nama tanaman yang hidup beserta manfaatnya,” ujar Arif, Kamis (14/7/22).

Selain itu, lanjut Arif, pemasangan label tanaman di hutan kota bertujuan untuk memudahkan identifikasi tanaman melalui informasi yang tersimpan dalam QR Code.

“Informasi tanaman dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, mulai nama ilmiah, klasifikasi, deskripsi dan manfaat tanaman,” papar dia.

Arif berharap dengan adanya QR Code tersebut, masyarakat tidak hanya berlibur dan rekreasi saja melainkan juga mendapatkan pengetahuan tentang manfaat dari tanaman yang ada di hutan Kota Kraksaan.

“Harapannya hutan kota dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, baik untuk rekreasi, olahraga, konservasi tanaman, ataupun sarana edukasi. Dengan adanya pelabelan berbasis QR Code ini, pengunjung terutama pelajar dapat dengan mudah dan cepat mengenal jenis tanaman, cukup dengan memindai QR Code pada tanaman menggunakan handphone (HP),” imbuhnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Hore! Destinasi Wisata di Kab. Probolinggo Kembali Dibuka

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …