Kabel Listrik di Tambak Ukir Keleleran, Warga Resah

Kotaanyar,- Kabel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, copot dari tiangnya. Alhasil, kabel bertegangan tinggi tersebut jatuh ke tanah sehingga menimbulkan keresahan warga.

Pantauan PANTURA7.com, kabel tersebut sudah mengelupas akibat pernah terjadi konsleting aliran listrik. Padahal, jarak antara jalan dengan lokasi kabel, tak sampai satu meter.

Holik warga setempat menyebut, kabel yang terletak di Dusun Alaskembang, RT/07 RW/04 itu tersebut sudah lama copot dari tiang penyanggah.

“Ya kabel ini sudah lama, kalau tidak salah sudah sejak lima harian copot. Ini kalau baru selesai hujan itu menimbulkan percikan api, sampai mengelupas kabelnya,” Kata Holik saat ditemui di kediamannya, Sabtu (11/6/22).

Holik menjelaskan bahwa jalan tersebut kerap dilewati warga, baik untuk pergi mencari rumput di sawah atau ke pemukiman warga lainnya. Ia khawatir kabel disentuh warga jika tidak segera ditangani.

“Di situ soalnya banyak orang mencari rumput, takutnya tidak kelihatan ke kabel lalu kesetrum kan kasian. Soalnya kabel itu bertegangan tinggi, selesai hujan biasanya memercikkan api,” papar dia.

Holik mengklaim bahwa, warga setempat sudah melapor terkait kabel liar tersebut. Namun, menurutnya ia mendapatkan jawaban yang tidak begitu memuaskan dari pihak PLN.

“Sudah laporan mas, tapi jawabannya katanya mobilnya tidak bisa masuk ke sini, kalau pakai sepeda kan tidak masalah mas yang penting ini bisa dibereskan,” cetus Holik.

Sementara itu, Manager PLN Kraksaan Hendy Pranata saat dikonfirmasi mengatakan, tim PLN masih melakukan perbaikan di lokasi lain. Meski demikian, ia telah berkoordinasi dengan supervisor teknik agar segera menangani kabel liar di Desa Tambak Ukir.

“Teman-teman sedang melakukan perbaikan di lokasi lain. Sudah saya teruskan ke supervisor tehnik agar bisa menuntaskan,” dalihnya lewat sambungan seluler. (*) 

Baca Juga  Ditagih Pihak Bank, Polemik Kartu Tani di Banyuanyar Memanas

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, 8 Jembatan Rusak, Warga Kembali Dievakuasi

Lumajang,- Sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberurip, Kecamatan Prononjiwo …