Sebulan, Puluhan Pengedar Dibekuk, Puluhan Ribu ‘Pil Setan’ Disita

Pajarakan,- Sepanjang bulan April-Mei 2022, Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo telah mengamankan sebanyak 23 tersangka yang terlibat dalam kasus peredaran obat keras dan berbahaya (Okerbaya) serta penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu (SS).

Mereka diamankan dalam Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat). Selain itu, puluhan ribu butir okerbaya juga disita, baik itu pil jenis Trhyexipenidly (Trex) maupun Dextrometorphan (Dextro). Juga disita SS dan alat isap lainnya.

Rinciannya, barang bukti yang diamankan dari total 22 kasus sebanyak 35.490 butir okerbaya, 14,51 gram SD serta 140 botol jenis arak oplosan dan 40 botol minuman keras (miras) anggur merah.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, penahanan puluhan pengedar baik itu pil koplo dan SS khususnya, sebagai langkah dan upaya untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh barang terlarang.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja jajaran Satreskoba Polres Probolinggo dalam Operasi Pekat ini. Karena ini memang jadi target kami untuk mempersempit ruang gerak peredaran obat-obatan terlarang yang menyasar remaja,” kata Arsya, Senin (6/6/2022).

Terlebih, menurut Arsya, obat-obatan terlarang tersebut mudah didapat, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hal itulah yang menjadi alasan kuat kalangan remaja banyak meminati barang tersebut tanpa harus memikirkan konsekuensinya.

“Karena harganya relatif murah hanya Rp10 ribu per paket, dalam waktu singkat ratusan paket pun laris terjual dikonsumsi oleh kalangan remaja dan pemuda yang masih tergolong usia produktif. Kalau harganya segitu, siapapun bisa beli meski tidak punya banyak penghasilan,” tutur Arsya.

Puluhan tersangka, sambung Arsya, bakal dijerat pasal pasal 197 dan pasal 196 Undang-undang Republik Indonesia (UU RI) nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. “Ancaman hukuman penjara bagi tersangka maksimal 15 tahun,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Selingkuhi Istri, Pria Ini Disabet Celurit Dua Kali

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …