Pasar Hewan Diwacanakan Ditutup, Khawatir Muncul Pasar Liar

Probolinggo,- Berbagai upaya dilakukan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Probolinggo untuk mencegah merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Terlebih, wabah tersebut dinilai sudah dalam kondisi darurat.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mencari solusi agar penyebaran wabah tersebut dapat segera tertangani. Salah satunya, wacana penutupan pasar hewan yang saat ini masih dipertimbangkan karena beberapa faktor atau dampak jika pasar ditutup.

“Tetapi yang jelas kita akan pertimbangkan dulu dari sisi positif dan sisi negatifnya apabila dilakukan penutupan pasar hewan. Sebab kami khawatir jika diberlakukan penutupan pasar akan muncul pasar liar,” kata Plt Bupati Probolinggo, A. Timbul Prihanjoko, Jumat (3/6/2022).

Sementara untuk keluar masuknya sapi dari daerah lain, menurut Timbul, hal tersebut harus diwaspadai karena di Kabupaten Probolinggo ini pintu masuknya banyak. Termasuk melalui sejumlah “jalan tikus “ sehingga sangat memungkinkan sapi dari luar daerah masuk.

“Ini yang perlu pengawasan dan diperhatikan sangat ketat untuk mewaspadai masuknya sapi dari luar yang dikhawatirkan akan membawa virus PMK. Selain itu, bagi peternak jangan panik berlebihan, karena wabah PMK ini bisa segera disembuhkan,” ungkap Timbul.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, sebelum wacana penutupan pasar hewan menemukan titik terang, pihaknya akan melakukan upaya penyekatan di titik-titik yang dilaporkan menjadi pintu masuk hewan ternak sapi dari luar daerah.

“Kami akan bekerja sama dengan stakeholder terkait sehingga harapannya penyebaran PMK ini bisa segera tertangani dan peternakan kembali baik dan normal sehingga bisa memulihkan perekonomian warga di Kabupaten Probolinggo,” tutur Arsya. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga  Warga Gending Ditemukan Tewas di Rumah Kontrakan di Paiton

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …