Sepanjang Mei, 6 Bencana Alam Landa Probolinggo

Probolinggo,- Cuaca ekstrem masih melanda Kabupaten Probolinggo dan bahkan saat hujan deras biasanya diwarnai bencana alam. Sepanjang bulan Mei 2022, sebanyak enam bencana alam melanda, khususnya banjir dan tanah longsor.

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, terhitung sejak tanggal 1-31 Mei 2022, enam bencana alam itu di antaranya, dua bencana tanah longsor, dua banjir, satu angin kencang (puting belitung) dan terakhir satu banjir rob.

Dari total bencana alam selama satu bulan itu, beberapa terdampak di antaranya, sebanyak sembilan jiwa mengungsi, dua rumah rusak sedang, sebanyak 1.065 rumah tergenang banjir, tiga pohon tumbang, dua tembok penahanan tanah (TPT) rusak sedang dan bahu jalan terdampak longsor.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo mengatakan, BPBD sudah melakukan beberapa langkah dan juga melibatkan pihak-pihak tertentu saat bencana alam melanda. Dan dari keseluruhan kejadian, tidak ada korban jiwa.

“Setiap kali ada bencana alam, kami langsung libatkan pihak terkait seperti Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana) juga Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk assessment, identifikasi dan pembersihan dampak kejadian bencana,” kata Rachmad, Rabu (1/6/2022).

Tak menentunya turun hujan dengan jangka waktu lumayan lama, Rachmad mengimbau, masyarakat khususnya yang tempat tinggalnya berada di daerah rawan bencana alam agar lebih meningkatkan kewaspadaannya sebelum bencana alam melanda.

“Amankan barang-barang berharganya terlebih dahulu, karena ketika nanti ada banjir dadakan bisa lebih siaga dan fokusnya tidak terbagi-bagi dengan barang-barangnya. Apalagi belakangan ini hujan dengan intensitas sedang-deras masih tak menentu,” ungkap Rachmad. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jalan Rejoso-Winongan Rusak Parah, Dinas PU Bina Marga; Tidak ada Perbaikan

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …