Sebanyak 11 Desa di Dua Kecamatan Terdampak Banjir

Probolinggo,- Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mendata, sebanyak 11 desa terdampak banjir akibat hujan dengan intensitas sedang-deras, sejak Kamis (26/5/2022) pagi. Selain itu juga dilaporkan, sebuah tanggul sungai jebol akibat diterjang banjir.

Desa-desa yang terdampak banjir itu terletak di dua kecamatan yaitu, Kecamatan Gending sebanyak enam desa. Yakni, Gending, Jatiadi, Pesisir, Klasemen, Brumbungan Lor dan Bulang.

Selanjutnya sebanyak lima desa di Kecamatan Pajarakan yakni, Karangpranti, Karanggeger, Sukokerto, Penambangan dan Gejugan. Saat ini, pantauan sementara air banjir sudah berangsur surut.

“Untuk Desa Gending yang terdampak, termasuk juga tanggul jebol itu masuk Dusun Buyut, Desa Gending. Alhamdulillah kalau untuk korban jiwa di dua kecamatan ini nihil ,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo.

Rachmad menyebutkan, di Kecamatan Gending khususnya di Desa Gending tepatnya Dusun Krajan 2 tercatat puluhan warga sekitar terdampak banjir. Di antaranya di RT 5 sebanyak 60 kepala keluarga (KK), RT 6 ada 50 KK dan RT 7 sebanyak 30 KK.

“Beberapa pihak juga sudah kami libatkan dalam penanganan banjir kali ini, mulai dari perangkat desa masing-masing, tim rescue siluman dan Tagana dan untuk sementara saat ini dilaporkan jika kondisi air sudah mulai berangsur-angsur surut,” ungkap Rachmad.
Seperti diketahui, hujan mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak Kamis pagi (26/4/2022) sekitar pukul 04.30 hingga 8.00 WIB, membuat sejumlah wilayah diterjang banjir. Salah satunya Jalan Raya Sebaung, Kecamatan Gending, yang digenangi banjir sedalam sekitar 1 meter.

Selain melumpuhkan arus lalu lintas di jalur Pantura Probolinggo-Situbondo, banjir juga melumpuhkan jalur penghubung tiga kecamatan. Tepatnya di Desa Rondokuning, Kecamatan Kraksaan yang merupakan jalur penghubung Kecamatan Krejengan-Pajarakan-Kraksaan. (*)

Baca Juga  Malam Tahun Baru, Satlantas Tutup Sejumlah Jalan

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …