Bak Malioboro, Jalan Ikan Tengiri Berhias Lampu Jadi Destinasi Wisata di Probolinggo

Probolinggo – Kota Probolinggo memiliki banyak spot untuk foto-foto hingga untuk sekadar nongkrong. Satu lagi spot yang akhir-akhir ini viral, yakni di sepanjang Jalan Ikan Tengiri, Kota Probolinggo.

Sejak mendapat perbaikan, kini sepanjang jalan tersebut bak Malioboro di Jogjakarta, dipenuhi lampu hias.

Diketahui sejak mendapat bantuan sebesar 14 miliar dari World Bank untuk paket peningkatan kualitas permukiman kumuh Kota Probolinggo Kawasan Mayangan, sepanjang Jalan Ikan Tengiri juga mendapat perbaikan yakni perbaikan trotoar sebelah utara.

Setelah direnovasi, dengan penambahan lampu klasik, sepanjang Jalan Ikan Tengiri ini menjadi destinasi baru bagi warga Kota Probolinggo. Tak hanya pagi hari, sore hari, hingga malam hari, sepanjang jalan tersebut digunakan warga yang hanya duduk-duduk, maupu berswafoto.

“Perbaikan jalan hingga lampu yang dipasang tersebut bantuan dari luar negeri melalui Kementerian PUPR, yang diberikan ke Pemerintah Kota Probolinggo melalui Program Kotaku. Dan untuk konsep dan lain sebagainya murni dari pusat, sementara kita hanya memonitoring, hingga memfasilitasi saja,” ujar Kepala Dinas PUPR, Setyorini Sayekti, Sabtu (23/4/2022).

Saat ini proses pembangunan sudah memasuki tahap akhir. Dan setelah selesai, pembangunan baik renovasi trotoar Jalan Ikan Tengiri hingga perbaikan lokasi lain akan diserahterimakan ke Pemkot Probolinggo, dan masyarakat. Nantinya masyatakat juga harus ikut menjaga lokasi tersebut agar tidak rusak.

Nantinya untuk menjaga lokasi tersebut agar tetap bagus, dan tidak di rusak oleh oknum yang tidak berganggung jawab, pihaknya akan membentuk suatu kelompok masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas itu. Di samping ada OPD terkait yang melakukan edukasi kepada warga agar tidak berjualan di trotoar sehingga tidak ada lagi kesan kumuh.

“Nantinya konsep yang ada di Jalan Ikan Tengiri tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di lokasi lain, namun tetap kita melihat anggaran, dan kawasan prioritas,” imbuhnya.

Baca Juga  Okupansi Hotel di Kawasan Bromo Naik, 10% Wisman Asia

Sementara, salah satu warga, Siti Romiati mengaku, kagum dengan perubahan di Jalan Ikan Tengiri yang seperti Malioboro Jogja. Ia baru tahu bahwa jalan tersebut sudah bagus dan menjadi lokasi berkumpul baru warga Kota Probolinggo.

“Saya sebagai warga Mayangan juga senang melihat Jalan Ikan Tengiri yang dulunya biasa saja, kini berubah menjadi bagus, dan sejak tahu, ia sering duduk-duduk di lokasi ini bersama keluarga,” ujarnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …