Berharap Berkah Ramadhan, Kades Terpilih Dilantik 13 April 

Probolinggo,- Pelantikan kepala desa (kades) terpilih pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo diputukan pada Rabu (13/4/2022) mendatang. Hal tersebut jauh dari perkiraan awal yang diperkirakan digelar pertengahan tahun.

Pelantikan 13 April mendatang tersebut dibenarkan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Priyo Siswoyo. Menurut dia, penetapan untuk tanggal pelantikan dilakukan Senin (4/4/2022) kemarin oleh Panitia Kabupaten (Pankab).

“Ya, panitia kabupaten menetapkan tanggal 13 April 2022 mendatang untuk pelantikan kades terpilih. Sedangkan teknis-teknis pelantikannya itu nanti sudah bagiannya pihak Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa),” kata Priyo, Selasa (5/4/2022).

Pertimbangan pelantikan kades terpilih lebih dimajukan dari perkiraan sebelumnya, lanjut Priyo, karena untuk mengharapkan berkah Ramadhan yang tentunya nanti tidak ada problematika baru lantaran permasalahan pilkades kali ini.

“Tidak ada alasan atau pertimbangan lainnya, hanya memang untuk mendapatkan berkah bulan Ramadhan saja. Jadi saat ini kami tinggal melanjutkan pemberhentian PJ Kades dan juga pengangkatan kepala desa terpilih,” ungkap Priyo saat ditemui di kantor dewan.

Sementara untuk permasalahan pilkades di dua desa, yakni Desa Tegalwatu, Kecamatan Tiris dan Desa Pajurangan, Kecamatan Gending, menurut Priyo, hal tersebut tidak ada perubahan apapun dari kebijakan maupun kesepakatan panitia kabupaten.

“Tetap, tidak ada perubahan apapun dari dua desa itu, apa yang diputuskan oleh Pankab itu yang harus dijalani oleh dua desa tersebut. Pada intinya kan keputusannya harus menggugat ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) Surabaya kemarin,” tutur Priyo. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Soal Perawatan Jembatan Bailey, Pemkab Tunggu Pemprov Jatim

Baca Juga

Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuka pelatihan kerja untuk meningkatkan …