Jelang Ramadhan, Sejumlah Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Probolinggo – Sekitar tiga pekan menjelang bulan Ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Probolinggo merangkak naik. Naiknya harga sejumlah kebutuhan ini terjadi sejak dua pekan lalu.

Dari informasi yang dihimpun PANTURA7.com, kenaikan kebutuhan pokok mulai dari cabai rawit, yang saat ini mencapai Rp60 ribu per kilogram (Kg) dari sebelumnya Rp45 ribu per Kg. Cabai besar mencapai Rp 42 ribu yang sebelumnya Rp30 ribu per Kg. Selanjutnya, bawang putih mencapai Rp24 ribu dari harga sebelumnya Rp30 ribu per Kg.

“Kenaikan harga kebutuhan pokok bumbu dapur ini terjadi sejak sehari hingga tiga hari yang lalu. selain faktor cuaca, kenaikan terjadi karena permintaan konsumen meningkat, biasa terjadi mendekati bulan Ramadhan,” ujar salah satu pedagang, Sueb (30).

Tak hanya bumbu dapur, daging sapi dan ayam juga naik Daging sapi berkisar Rp110-120 ribu padahal sebelumnya Rp100 ribu per Kg. Daging ayam potong naik dari Rp32 ribu menjadi Rp35 ribu per Kg.

“Untuk naiknya daging sapi ini memang stok dari distributor kurang, karena di bulan Maret ini, banyak orang membeli daging sapi untuk hajatan, sehingga harganya naik,” ujar Sukarti, pedagang daging sapi, Jumat (11/03/2022).

Diprediksi sejumlah kebutuhan bumbu dapur ini akan terus melonjak, khususnya beberapa hari menjelang Ramadhan. Sisi lain stok bumbu dapur masih melimpah di pasar. (*) 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Curi dan Racuni Udang Jika Dibayar Telat, Preman Tambak Asal Paiton Dibekuk

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …