Ada Ritual Nyepi, Jalur Bromo Mulai Ditutup

PASURUAN,- Jalur wisata Bromo via Kabupaten Pasuruan menuju ke lautan pasir, ditutup sementara mulai hari ini, Rabu (2/3/2022). Penutupan ini dilakukan karena warga di wilayah tersebut sedang melaksanakan ritual Nyepi 1944 saka.

Kepala Desa Balaidono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Masprapto mengatakan, penutupan dilakukan mulai hari ini, Rabu 2 Maret 2022 sampai tanggal 4 Maret 2022.

“Mulai tadi pagi sekitar pukul 05.00 WIB kami sudah menutup akses menuju wisata Bromo. Ini dilakukan berdasarkan hasil dari koordinasi dengan sesepuh tengger,” kata Masprapto kepada PANTURA7.com.

Saat ini, dijelaskan Masprapto, masyarakat tengger sedang melakukan pawai ogoh-ogoh. Tradisi turun temurun ini dilakukan di desa masing-masing di wilayah Bromo Tengger.

“Karena ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kegiatan ogoh-ogoh dilakukan di desa masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Satpol PP Kabupaten Pasuruan Wilayah Selatan Saiful Hadi mengatakan, jalur menuju Bromo dari Pasuruan ditutup dari 2 titik. Pertama di Perbatasan Kecamatan Puspo-Tosari dan kedua di perbatasan Kecamatan Tutur-Tosari.

“Penutupan dilakukan di Desa Balidono, Kecamatan Tosari dan Desa Mororejo, Kecamatan Tosari,” kata Saiful menjelaskan. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Kuatkan Komitmen Organisasi, PCNU Kota Probolinggo Gelar Ngaji Bersama

Baca Juga

Jaga Kebersihan Lingkungan, Belasan Armada Sisir Kawasan Lumajang selama Lebaran

Lumajang,- Untuk mengantisipasi membeludaknya sampah pasca Hari Raya Idul Fitrih 1445, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang …