Musim Hujan Diprediksi Berakhir Maret

PROBOLINGGO,- Musim hujan di Kabupaten Probolinggo diperkirakan akan mundur dari prediksi sebelumnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebelumnya memprediksi jika hujan akan berakhir pada akhir Februari 2022 ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo mengatakan, jika mundurnya prakiraan musim hujan ini tidak terlepas dari informasi yang didapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur melalui sebaran cuaca.

“Dari BMKG, kami mendapatkan informasi jika musim hujan akan berakhir Maret mendatang. Hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat ini diperkirakan oleh BMKG akan berakhir pada Maret 2022 mendatang,” kata Rahmad, Senin (28/2/2022).

Selain itu, lanjut Rahmadi, dari prakiraan BMKG juga, meski musim hujan akan berakhir Maret mendatang, hujan masih bisa saja terjadi hingga Agustus nanti. Namun, kata dia, selepas itu potensi hujan yang akan terjadi intensitasnya sudah berkurang.

“Masih ada hujan, tapi sudah jarang-jarang, bukan dalam intensitas yang sering. Berakhirnya saja sampai (seringnya) hujan sampai Maret, tapi selepas itu, bulan berikutnya, diperkirakan hujan tapi tidak terlalu sering seperti sebelumnya, itu sampai Agustus,” ujar Rahmad.

Dikatakan Rahmad, penyebab mundurnya akhir musim hujan kali ini tidak terlepas dari jarak matahari dengan bumi. Saat ini jarak matahari dan bumi diperkirakan mencapai 160 juta kilometer. Hal ini, memang biasa terjadi pada tahun-tahun tertentu.

“Akibat jarak yang sangat jauh ini, tidak heran jika pada malam hari kondisi bumi sangat dingin. Hal ini kemudian menyebabkan kelembaban udara dan menyebabkan hujan. Semoga saja, meskipun masih memasuki musim hujan, bencana alamnya bisa menurun,” tutur Rahmad. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Diduga Rem Blong dan Tabrak Tembok, Warga Kedopok Tewas

Baca Juga

KA Pandalungan Hantam Toyota Kijang di Rejoso Pasuruan, 3 Orang Meninggal

Pasuruan,- Kecelakaan maut terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Pateguran, Kecamatan …