Mobil Listrik Mini hingga PKL Marakkan Alun-alun Kraksaan

KRAKSAAN,- Sejak dibuka beberapa waktu lalu, Alun-alun Kota Kraksaan, kini mulai ditempati para pedagang kaki lima (PKL) yang bergerak pada jasa penyewaan mobil listrik mini, penjual pernak pernik perhiasan, hingga lampu mainan. Hal ini bahkan untuk mengundang kunjungan.

Sudah banyak masyarakat mendatangi alun-alun Kota Kraksaan menggunakan jasa mobil listrik mini itu. Anak-anak yang menaiki mobil mini itu melaju dari barat ke timur, hingga ke barat lagi. Dan bahkan tidak hanya malam, sore harinya sudah mulai banyak berdatangan.

Ada dua tempat penyedia mobil mini itu, yaitu di sebelah timur dan sebelah barat. Semuanya berada di dalam sisi utara alun-alun. Tentunya hal ini, menjadi daya tarik tersendiri setelah sebelumnya, ada larangan kunjungan bahkan juga ditutup.

Tak hanya itu, seiring diterimanya kunjungan ke alun-alun, juga sudah didapati juru parkir (jukir) berbayar di sisi timur. Jukir ini sudah beroperasi sejak siang hingga malam hari untuk menghindari adanya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi mengatakan, kalau pada dasarnya Alun-alun Kota Kraksaan, itu selain merupakan taman kota, juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dari warga sekitar, sehingga upaya memperindah terus dilakukan.

“Dengan begitu ketika sudah dibuka seperti sekarang tidak ada masalah meskipun ditempati pedagang atau mainan. Masyarakat yang tidak bisa kemana-mana bisa rekreasi ke alun-alun sekarang, ya sudah jadi alternatif lah sekarang kalau suntuk,” kata Dwijoko, Minggu (27/2/2022)

Hanya saja, ia berharap, masyarakat untuk tidak sampai merusak taman yang ada di alun-alun dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga  Jelang Ramadhan, Gubernur Minta Produsen-Distributor Pasok Migor

“Karena bukan tidak mungkin juga, ketika banyak pengunjung melanggar prokes, aktivitas di sekitar alun-alun Kota Kraksaan bisa dibekukan lagi seperti kemarin. Jadi kami harap prokes tetap konsisten dilakukan para pengunjung,” ungkap mantan Camat Maron ini. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Albafillah

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …