Pacu Prestasi, Puluhan Atlet Pordasi Berlatih di Pantai Permata

Probolinggo – Puluhan atlet berkuda yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Probolinggo berlatih di Pantai Permata, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Sabtu (26/2/2022). Latihan yang dihadiri Forkopimda Kota Probolinggo ini untuk mempersiapkan atlet dalam berbagai kejuaran.

Dipilihnya Pantai Permata sebagai tempat latian puluhan atlet Pordasi ini karena tempatnya luas. Selain itu pasir sepanjang tempat latihan membuat atlet anyaman, serta kuda yang dipacu tidak mudah cedera.

“Latihan yang diikuti pukuhan atlet Pordasi ini selain untuk mengasah kemampuan, juga persiapan untuk dua even yakni kerjurnas dan PON yang akan diikuti sejumlah atlet Pordasi Kota Probolinggo,” ujar Wakil Ketua Pordasi Kota Probolinggo, Eko Wahyudi.

Pordasi Kota Probolinggo sendiri memiliki total 50 atlet, dimana atlet tersebut bergelut di tiga jenis nomor. Yakni, hourse back archery (panahan berkuda), equestrian (halang rintang) dan kuda pacu.

“Untuk atlet berkuda Pordasi Kota Probolinggo sendiri ada 20 atlet yang sudah bermain di nomor panahan berkuda. Di mana atlet tersebut sering terjun ke berbagai even. Dengan prestasi tersebut ke depan kami akan membuat Kota Probolinggo sebagai pusat pelatihan pengembangan olahraga berkuda,” imbuhnya.

Sementara, salah satu atlet Pordasi Kota Probolinggo, Muhammad Yusuf mengatakan, tak mudah menjadi atlet berkuda dengan terjun ke panahan berkuda. Ia mengaku, berlatih selama dua tahun hingga akhirnya memiliki kuda sendiri dan sering terjun di berbagai kejuaraan.

“Alhamdulillah selain saya, atlet berkuda yang tergabung dalam Pordasi Kota Probolinggo juga sering terjun ke berbagai even. Hal ini tak lepas dari latihan serta bimbingan pelatih, serta usaha kita saat latihan,” ujarnya.

Sementara, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin mengatakan, latihan yang digelar Pordasi Kota Probolinggo di Pantai Permata ini sesuai komitmen Pemkot Probolinggo terhadap pengelolaan Pantai Permata Pilang. Yakni, tak hanya sebagai tempat wisata, juga dapat digunakan sebagai sarana latihan berkuda.

Baca Juga  Hebat! 6 Pesilat UNUJA Borong Juara Banyuwangi Championship 2

“Kita terus memfasilitasi seluruh cabang olahraga agar mereka ini dapat berbicara di tingkat regional, maupun nasional, dan target kita Kota Probolinggo dapat menjadi tuan rumah berbagai even olahraga,” ujarnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Persipro 1954 Dijatuhi Sanksi, Askot PSSI Kota Probolinggo Kecewa Berat

Proboinggo,- Setelah mendapat sanksi berupa diskualifikasi serta denda, pemain Persipro 1954 akhirnya pulang ke Probolinggo. …