Waspada! Bencana Akibat Perubahan Iklim dan Kerusakan Lingkungan Masih Mengancam

PASURUAN, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, meminta masyarakat tetap waspada saat musim hujan seperti saat ini. Sebab, bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipicu pengaruh perubahan iklim dan kerusakan lingkungan masih mengancam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, pada musim hujan ekstrem kali ini pihaknya hampir setiap hari melakukan pemotongan pohon tumbang. Kegiatan ini, berlangsung hampir merata di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Masyarakat wajib waspada ancaman bencana hidrometereologi. Karena hampir tiap hari ada pemotongan pohon tumbang. Ini kejadiannya hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Pasuruan,” katanya, Sabtu (18/12/21).

Haris menjelaskan, warga yang disekitar rumahnya ada pepohonan rimbun, sebisanya dipangkas atau bahkan ditebang.

“Jika pohonnya milik pribadi, yang bersangkutan kami meminta agar suka rela melakukan pemangkasan sendiri. Kalau milik desa, ya pemerintah desa yang harus mengurangi,” jelas dia.

Haris menambahkan, selain hidrometeorologi, ancaman akibat aktivitas gunung api juga wajib diwaspadai. Mengingat, biasanya aktivitas vulkanologi terjadi saling berangkai satu dengan yang lain.

“Di Pasuruan, ada dua gunung api yang aktif, yaitu Bromo dan juga Welirang, ini wajib kita waspadai. Karena biasanya, rangkaian gunung berapi saling berangkai dengan yang lain. Karena itu harus waspada, semoga tidak terjadi didaerah kita,” terangnya. (*)


Penulis: Moh. Rois
Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Lagi, Money Politcs Terjadi di Kabupaten Probolinggo

Baca Juga

Hendak Menyeberang Jalan, Warga Besuk Tertabrak Trail di Jalur Paiton

Probolinggo,- Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Paiton, tepatnya di jalan raya Desa Pondokkelor. Peristiwa …