Dishub Pasang Dua CCTV Rp117 Juta di Jalan Protokol

PROBOLINGGO,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo berencana menambah perangkat Closed Circuit Television (CCTV) di dua titik ruas jalan protokol. Kedua perangkat seniai Rp117 juta itu akan dipasang akhir November 2021 ini.

Kepala Seksi Pemeliharaan Dishub Kabupaten Probolinggo, Asminanik mengatakan, rencananya CCTV dipasang di simpang empat Pajarakan jalur ke arah selatan menuju Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong. Pasalnya, di lokasi tersebut arus lalu lintasnya tergolong padat.

“Tentu CCTV ini tujuannya untuk memantau situasi jalan. Telebih, nantinya juga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan di bidang lalu lintas dan tentunya untuk antispasi kejahatan kriminal,” kata Asminanik, Jumat (26/11/2021).

Selain di perempatan Pajarakan, lanjut Asminanik, CCTV akan dipasang di ruas Jalan Muneng, tepatnya di Exit Tol Muneng. Sebab menurutnya, sudah seharusnya pintu keluar tol dilengkapi sarana pemantauan CCTV.

“Di daerah barat yang ada CCTV-nya kan hanya di Exit Tol Leces. Makanya kali ini CCTV direncanakan dipasang Exit Tol Muneng agar untuk lalu lintas di sana tetap bisa terpantau nantinya,” terang Asminanik.

Untuk pemasangan CCTV di kedua titik itu, sambung Asminanik, dianggarkan Rp 117 juta. Anggaran tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membeli dua unit CCTV beserta komponen-komponennya.

“Untuk spesifikasi CCTV-nya tidak ada yang khusus, sama seperti yang sebelumnya yang sudah kami pasang. Kondisinya hingga saat ini masih cukup bagus dan jelas untuk memantau lalu lintas,” ungkap Asminanik.

Hingga saat ini, menurut dia, sudah terpasang lima CCTV. Selain di Exit Tol Leces, empat CCTV lainnya di kawasan Kecamatan Kraksaan, mulai dari traffic light Kebonagung, traffic light di Kraksaan Wetan, simpang tiga Jalan Semampir, dan depan Kantor Bupati Probolinggo.

Baca Juga  Meresahkan, 5 Warung Remang-remang di Kraksaan Dibongkar

“CCTV ini juga digunakan untuk memantau kondusivitas ruas jalan. Tidak jarang aksi kriminalitas di jalan juga terekam. Karena itu sampai dengan saat ini kami petakan ruas jalan yang memerlukan CCTV. Jika anggaran mendukung, akan kami tambah,” katanya. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Waduh, Kampanye Langgar Prokes, Cakades Bisa Didiskualifikasi

PROBOLINGGO,- Tahapan kampanye para Calon Kepala Desa (Cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 250 …