Kapasitas PJU Hingga 180 Watt, Dishub Hemat Listrik Hingga Rp1 M

KRAKSAAN,- Pemasangan puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Kraksaan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo juga memberikan angin segar dalam pembayaran listrik setiap bulannya. Meskipun kapasitas lampu makin besar tapi menghemat energi listrik.

Kadishub Kabupaten Probolinggo, Taufiq Alami mengatakan, untuk total kapasitas lampu LED di 22 PJU tersebut 3.960 Watt atau tiap titiknya 180 Watt itu tidak hanya segi penerangan jalan saja yang meluas dan juga mentereng.

Pembayaran listrik yang ditanggung Dishub tiap bulannya bisa lebih irit daripada sebelumnya. Jika selama ini, pembayaran listrik untuk 400 PJU di wilayah kerjanya mencapai Rp2,3 milliar yang harus dibayar Dishub.

“Kalau PJU yang lama itu kan kapasitas lampunya mencapai 20 sampai 30 Watt yang secara otomatis jika diganti yang lebih besar kapasitas lampunya, bisa menambah pembayaran setiap bulannya, tapi untuk lampu yang sekarang malah makin irit,” kata Taufiq, Senin (15/11/2021).

Jika pemasangan PJU baru selesai seluruhnya, lanjut Taufiq, maka untuk pembayaran listrik dari 400 PJU di Kabupaten Probolinggo menjadi Rp1,170 milliar atau lebih hemat sekitar Rp1,130 milliar.

“Sudah, ini semuanya hasil kalkulasi perhitungan kami dari kajian. Jadi meskipun kapasitas lampu atau PJU yang diganti lebih besar itu sama sekali tidak berdampak penambahan pembayarannya. Malah makin hemat, lumayan kan hematnya,” tutur mantan Camat Gading ini.

Untuk itu, sambung Taufiq, pihaknya meminta baik kepada pengguna jalan ataupun masyarakat sekitar untuk menjaga bersama-sama aset pemerintah tersebut. Pasalnya, rusaknya PJU di antaranya disebabkan kurang hati-hati para pengguna jalan.

“Makanya nanti setelah pemasangan PJU baru selesai, akan dikasih rambu-rambu dan pagar, biar tidak gampang ditabrak kendaraan yang hendak putar balik. Terlebih tiangnya ini sudah anti karat,” ujar mantan Plt Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ini. (*)

Baca Juga  Stok Darah Menipis Saat Pandemi, Bold Riders Turun Tangan

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …