Pasca Terbakar, Pedagang Pasar Nguling Direlokasi

NGULING,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan merencanakan pembangunan Pasar Nguling, di Kecamatan Nguling, tahun depan. Namun demikian, relokasi pedagang pasca kiosnya terbakar, direncanakan terlaksana tahun ini.

“Kalau relokasi tahun ini, kalau pembangunan pasar tahun depan,” kata Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, Suprapto, Senin (18/10/2021).

Dijelaskan Suprapto, untuk relokasi pasar pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 200 juta. Proses relokasi pasar nantinya akan diborongkan sesuai prosedur Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

“Untuk dana pembangunan pasar, masih belum tahu. Jika nanti anggarannya tidak bisa membangun semua, ya kita prioritaskan yang dalam (pasar),” jelasnya menambahkan.

Suprapto menambahkan, sesuai kesepakatan muspika dan desa, para pedagang yang terdampak kebakaran direlokasi ke dua lokasi. pertama di sebelah timur kantor pasar, lokasi kedua di pasar hewan.

“Dua lokasi itu yang sudah disepakati oleh muspika dan desa,” pungkas Suprapto.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda Pasar Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Kamis (7/10/2021) petang. Kebakaran itu menghanguskan 127 kios dan 13 los.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara kepolisian, diduga amukan si jago merah terjadi karena ada konsleting arus pendek di salah satu kios, yang akhirnya membesar dan meludeskan pasar. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Asyik Olahraga, Lansia di Gempol Disambar KA

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …