Vaksin Moderna di Probolinggo Mulai Disuntikkan Untuk Umum

PROBOLINGGO,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mulai menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum menggunakan vaksin moderna. Untuk mendapatkan vaksin ini, syaratnya masyarakat tidak pernah disuntii vaksin Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, vaksinasi moderna ini pertama kalinya dilakukan kepada masyarakat umum di Kabupaten Probolinggo. Sebelumnya vaksin ini hanya disuntikkan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

“Vaksin ini sebelumnya tidak pernah digunakan untuk masyarakat. Vaksin ini kita mempunyai sebanyak 8 ribu lebih dan jangan sampai stok ini kadaluarsa, sebab tenaga kesehatan yang ada sudah diberikan dosis ke-3,” kata dr. Viro, Minggu (17/10/2021).

Ia menegaskan, pemanfaatan vaksin moderna ini diberikan kepada masyarakat umum dengan catatan, warga sasaran baru menjalani vaksinasi dosis 1 dan dilanjut dosis 2. Artinya, vaksin ini bukan sebagai booster atau dosis tambahan dari vaksin Covid-19 yang diterima sebelumnya.

“Tapi dengan catatan masyarakat yang betul bisa diedukasi dan mengerti manfaat nilainya, termasuk efek samping. Karena vaksin moderna efikasinya sangat tinggi dan memberikan reaksi yang cukup serius tetapi hanya sehari ataupun dua hari selesai,” tutur dr. Viro.

Untuk gejala umum pasca vaksin moderna, sambung dr. Viro, tergantung respon masing-masing individu. Namun biasanya efek samping berupa meriang, greges, panas dan linu-linu.

Dalam waktu sehari sampai dua hari, efek samping vaksin moderna bisa diatasi dengan cukup istirahat di rumah, makan dan minum yang teratur.

“(Efeknya) tidak sampai parah, justru setelah itu akan memberikan dampak luar biasa. Tubuh terasa sangat fit dan segar. Umumnya, jika sudah disuntik vaksin moderna ini, gejala batuk dan yang lainnya akan jarang kambuh, sehingga bisa aman jika bersentuhan dengan banyak orang,” tutur dia.

Baca Juga  Putus Kontrak karena Pandemi, PT AFU Dipanggil Komisi 3

Pada akhir November 2021 ini, dr. Viro berharap target 70 persen vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo sudah tercapai. Terlebih, vaksin moderna sejatinya banyak diburu berbagai kalangan, sebab efektifitas dari vaksin Moderna ini sangat tinggi hingga mencapai 96 persen.

“Vaksin Mlmoderna ini diburu oleh seluruh dunia, tetapi karena kita termakan hoaks, maka lamban untuk bisa menggunakan vaksin ini. Ya semoga target vaksinasi tercapai agar bisa membentuk herd immunity, selain itu semoga masyarakat bisa sadar untuk lekas divaksin,” ungkapnya. (*)

 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Albafillah

Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …