Puluhan Polisi Sempat Positif Covid-19, Wajibkan Pengunjung Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi

PROBOLINGGO,- Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo mewajibkan pengunjung untuk mengakses layanan dengan aplikasi PeduliLindungi jika hendak masuk ke mapolres setempat.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kebijakan itu mencegah penyebaran Covid-19 di kantor kepolisian setempat.

Mengingat, kata kapolres, puluhan anggota Polres Probolinggo sempat positif Covid-19. Baik anggota yang berjaga di mapolres ataupun yang kerap berhubungan di lapangan.

“Saat ini kita mewajibkan siapa saja yang masuk ke Mapolres Probolinggo untuk melakukan scan QR code melakui aplikasi PeduliLindungi,” kata Arsya, Senin (27/9/2021).

Penerapan PeduliLindungi, menurut Arsya, juga salah satu upaya menyadarkan masyarakat pentingnya mengikuti vaksinasi Covid-19, untuk mencegah penyebaran dan terkonfirmasi Covid-19.

“Kita menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya vaksinasi. Oleh karena itu, kita sangat antusias jika ada warga yang sadar untuk vaksin,” ujar Arsya.

Aplikasi inj, lanjut dia, merupakan terobosan dari pemerintah untuk mempermudah pengecekan atau tracing Covid-19 dan salah satu upaya akselerasi vaksinasi. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menggunakan aplikasi tersebut kepada masyarakat.

“Untuk scan QR code sendiri sangat mudah, cukup download dan instal aplikasi PeduliLindungi kemudian mendaftarkan diri lalu ketika masuk Mapolres Probolinggo cukup scan QR code melalui fitur pada aplikasi,” tuturnya.

Diterangkan mantan Kasatreskrim Polda Metro Jaya ini, jika pengunjung terdata telah mengikuti vaksinasi maka akan ditandai lampu berwarna kuning atau hijau kemudian dipersilakan untuk masuk ke mapolres.

“QR Scan peduli lindungi dilakukan pada saat masuk halaman Mapolres dan juga saat keluar dari halaman Mapolres Probolinggo. QR scan ini ditempatkan di depan Pos Penjagaan masuk halaman polres,” tutur kapolres muda ini.

Baca Juga  Rusak Pagar dan Pintu Toko, Maling Gasak Rokok dan Elektronika

Sekedar informasi, Sekitar 20 personel Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo yang terlibat dalam pengamanan, pencegahan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 20 personel polisi yang terkonfirmasi positif Covid-19, tidak hanya anggota. Juga dari pihak Pejabat Utama (PJU) Polres Probolinggo, kapolsek hingga anggota jajaran polsek setempat. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …